Politani Samarinda Lepas Mahasiswa Magang Industri Tahun 2022

26 Agustus 2022

Magang Industri 2022
Acara pelepasan  magang industry (MI) dipimpin langsung oleh Direktur Politeknik Pertanian Negeri Samarinda (Politani) Hamka, S.TP.,M.Sc.,MP., sebanyak 340 mahasiswa  yang dilepas untuk  melakukan program Magang Industri  Tahun 2022 ini  di  92  perusahaan/instansi yang   tersebar di Wilayah Kalimantan Timur seperti Berau, Kutim, Kubar, Samarinda dan juga Pulau Jawa.  Upacara  pelepasan mahasiswa magang industri dilaksanakan di Halaman Kantor Direktorat Politani Samarinda pada hari Jumat (26/08/2022) yang dihadiri oleh Direktur sebagai Pembina upacara, Wakil Direktur I,II,III dan IV, ketua jurusan, ketua program studi serta dosen.
 
8 program studi yang mahasiswanya melaksanakan  magang industry yaitu prodi Pengolahan Hasil Hutan (PHH) sebanyak 33 mahasiswa dengan lokasi magang di 6 perusahaan, Budidaya Tanaman Perkebunan (BTP) memberangkatkan 39 orang di 9 perusahaan, Teknologi Hasil Perkebunan (THP) melepas sebanyak 26 orang dengan jumlah tempat magang industry 7 perusahaan, prodi Pengelolaan Lingkungan (PL) sebanyak 46 mahasiswa pada 16 lokasi industry, prodi Teknologi Geomatika melepas sebanyak 40 pada 17 perusahaan, prodi Pengelolaan Perkebunan sebanyak 68 orang mahasiswa  di 9 tempat, Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak (TRPL) memberangkatkan sebanyak 66 mahasiswa pada 23 tempat lokasi magang dan prodi Rekayasa Kayu (RK) 22 mahasiswa pada 5 perusahaan.
  
Sebelumnya mahasiswa telah mengikuti kegiatan Santiaji /pembekalan selama 2 hari secara luring pada tanggal 24-25 Agustus 2022, berbagai materi yang menunjang pelaksanaan magang industry telah disampaikan oleh para Narasumber.  Kegiatan Santiaji  ini diperlukan untuk memberikan pembekalan, pemahaman, wawasan, pengetahuan apa yang perlu dilakukan, diperhatikan selama mahasiswa berada dilokasi Industri.  Kegiatan Magang Industri  dilaksanakan selama 3 bulan untuk program studi D3 dan 4 bulan untuk program studi D4, pemberangkatan  ke lokasi  dimulai awal September  dan akan berakhir di bulan November untuk prodi D3, sementara untuk yang D4 akan berakhir di Bulan Desember Tahun 2022.  Dalam sambutannya Direktur Politani Samarinda, Hamka S.TP.,M.Sc.,MP. menyampaikan  kepada para mahasiswa peserta magang bahwa magang industri ini merupakan bentuk dukungan menyukseskan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang diprogramkan oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi.  Lewat magang industry ini diharapkan  kompetensi yang dimiliki mahasiswa akan meningkat dan sesuai keperluan industri.

Dan tidak kalah penting adalah tanggung jawab yang harus diemban selama melaksanakan magang, “sebagai  agen perubahan, mahasiswa punya tanggung jawab moral kepada masyarakat, mahasiswa harus jeli melihat kondisi masyarakat dan bisa memberikan solusi.   Diharapkan  dengan magang industry  ini  dapat menjadi salah satu sarana untuk memperoleh pengalaman kerja  pada  kondisi sesungguhnya dilapangan,  bisa menambah pengetahuan,  keterampilan, sarana menerapkan etika, tata cara komunikasi, dan kemampuan bersosialisasi dengan masyarakat,  serta mengimplementasikan ilmu yang didapat kepada masyarakat.  "Apa yang telah diperoleh selama ini di kampus harapannya bisa diterapkan  dengan baik di tempat magang," harapnya.  Lebih lanjut disampaikan bahwa selama proses magang bukan  hanya proses belajar dan pengalaman kerja yang harus mereka laksanakan tetapi bagaimana menjaga nama baik kampus sangat ditentukan oleh sikap dan tindakan selama di lokasi industri. Semakin baik citra Politani Samarinda di mata masyarakat maka akan mampu meningkatkan  animo masyarakat untuk melanjutkan Pendidikan di Politani.  Pungkasnya.  (Humas/AL).
TULIS KOMENTAR ANDA
KE ATAS