Direktur Bangga, Mahasiswa Politani Raih Juara AITeC 2021

9 Oktober 2021

AITeC 2021

Direktur Politeknik Pertanian Negeri Samarinda (Politani Samarinda Hamka mengaku bangga dan bahagia saat mengetahui mahasiswanya meraih prestasi di Lomba Bidang Pertanian yaitu Agriculture Inovation Technology Competition (AITEC) III di Jember Jawa Timur. Kebanggaan ini ujar Hamka menjadi spesial karena di pekan sama, Politani Samarinda tengah melaksanaan Yudisium mahasiswanya di tahun 2021. Apalagi prestasi nilai akademik yang diraih para mahasiswanya dalam Yudisium ke-31 ini sangat menggembirakan. Sebagian besar meraih indeks prestasi kumulatif (IPK) lebih dari 3, “Jadi double-double ini rasanya” cetusnya. 

Prestasi dan kelulusan yang diraih mahasiswa Politani Samarinda selama ini ujar Hamka menunjukkan bahwa kompetensi dan kualitas mahasiswa Kampus Biru ini sangat bagus. Apalagi sebagian mahasiswa Politani Samarinda yang lulus tahun 2021 ini ternyata sudah ada yang kerja, diterima industri. “Padahal belum terima ijazah, sudah kerja saja mereka. Ini kan keren” sebutnya.Keberhasilan mahasiswanya di ajang lomba bergengsi bidang pertanian se-Politeknik se-Indonesia ini ujar Hamka bisa menjadi penyemangat bagi mahasiswa lainnya dalam meraih dan mengharumkan nama kampus. Ia menyakini mahasiswanya memiliki potensi yang mewujudkan semua prestasi tersebut.

Dalam Cabang Lomba Kompetisi Inovasi Bidang Pertanian AITEC III, Politani Samarinda di wakili oleh Tim HPSGEN.  Karya yang dibawakan HPSGEN adalah Alat Monitoring dan Otomatisasi Nutrisi tanaman hidroponik. Alat berbasis Arduino ini mampu mengontrol dan memastikan tanaman hidroponik cukup akan nutrisi menggunakan perangkat handphone. Karya dari Muhammad Andreyan, Muhammah Syahril dan Eko ini telah melalui sejumlah riset yang terukur. Hasil sangat menggembirakan. Mampu memastikan sayuran hidroponik tumbuh dan berkembang dengan subur. Sebab keperluan nutrisi tanaman hidroponik langsung bisa diketahui dan diberikan secara tepat karena bantuan sejumlah sensor yang digunakan. Sekarang, bercocok tanam dengan cara hidroponik sudah sangat mudah. Mahasiswa Politani Samarinda punya solusinya. (bz)

TULIS KOMENTAR ANDA
KE ATAS