Pengelolaan Lahan Sawit Produktif Seluas 30 Ha Dari PT. Sentosa Kalimantan Jaya Ke Politani Samarinda

13 November 2021

PT. Sentosa
Politeknik Pertanian Negeri Samarinda (Politani)  manandatangani perjanjian kerjasama Memorandun of Agreement (MoA) dengan PT. Sentosa Kalimantan Jaya (PT. SKJ)  pada hari  Jum’at  12  November  2021 di Hotel Harris Jl. Untung Suropati Karang Asam Ulu, Kec. Sungai Kunjang, Samarinda.  Kegiatan  yang   digelar oleh  Politeknik Pertanian Negeri Samarinda yang dirangkaikan dengan Workshop Kurikulum  ini bertajuk “Pengembangan Kurikulum dan Penyusunan Naskah Akademik Kurikulum Program Studi” Kegiatan ini digelar dalam rangka mempersiapkan dan mengimplementasikan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka sesuai arahan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Makarim.
 
Kegiatan yang dihadiri oleh Direktur Politani Samarinda Hamka, S.TP.M.Sc.,M.P., Wakil  Direktur I, 2, 3 dan 4,  Kepala Departemen Personalia dan General Affairs PT SKJ, Pajri Januardi,  dan Ir. Zulkarnain ,serta dosen yang merupakan  tim penyusun kurikulum, Pelaksanaan kegiatan ini tetap menerapkan protocol Kesehatan yaitu menggunakan masker, dan jaga jarak.  
Direktur Politani Samarinda,  Hamka, S.TP.,M.Sc.,M.P menyampaikan bahwa nota kesepahaman yang baru saja ditandatangani tersebut berkaitan tentang kerjasama Pengelolaan Lahan Sawit Produktif seluas 30 Ha yang diberikan pengelolaannya kepada Politani Samarinda dari PT. Sentosa Kalimantan Jaya (PT. SKJ) untuk peningkatan keterampilan dan pengetahuan melalui pendidikan atau pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat dan  ini  sebagai bentuk dukungan PT SKJ terhadap peningkatan mutu pendidikan dan upaya Link and Match serta dukungan  untuk kebijakan penyelenggaraan program Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM),” sehingga mahasiswa punya kompetensi dan siap kerja “, kata Hamka.

Hamka berharap program ini bisa terus berjalan bukan  hanya tahun ini saja. Selain itu dia ingin mendorong perusahaan-perusahaan lainnya agar mengikuti inovasi dari PT SKJ untuk  ikut berkontribusi dalam peningkatan kualitas Sumber daya manusia (SDM) dan dunia pendidikan di wilayah Kaltim. Sementara itu, Pajri Januardi  selaku Kepala Departemen Personalia dan General Affairs PT SKJ, menjelaskan  ruang lingkup yang disepakati dalam nota kesepahaman tersebut, yaitu pendidikan dan pelatihan, peningkatan kualitas sumber daya manusia, kolaborasi bidang penelitian dan pengabdian masyarakat, on the job training mahasiswa, maupun dosen Politani Samarinda di lahan seluas 30 ha milik PT SKJ. “Selain itu, dengan adanya kerja sama ini, PT SKJ juga bersedia menerima kerja alumni Politani Samarinda dan sebagai tempat pelaksanaan kunjungan industri dan program magang mahasiswa kedepannya,” ujarnya. 

Lebih lanjut disampaikan bahwa lulusan sarjana khususnya di Kaltim saat ini  masih minim yang melirik kerja di perkebunan, Kebanyakan adalah lulusan dari  luar kaltim. Orang luar yang banyak mengisi magang dan bekerja di perkebunan "Saya harapkan dengan adanya kerjasama bersama Politani Samarinda ini dapat meningkatkan minat mahasiswa bekerja di perkebunan. Karena di bekerja di perkebunan ini memiliki peluang kesejahteraan yang tinggi. Kami tidak perlu mencari tenaga kerja ahli perkebunan dari luar pulau Kalimantan. Karena ulusan Politani Samarinda akan menjadi tenaga kerja industri yang kompeten,” harapnya  (Humas/AL).
TULIS KOMENTAR ANDA
KE ATAS