Pengabdian Masyarakat PLP Jurusan Teknologi Hasil Hutan Politani Samarinda

20 September 2023

Pengabdian Masyarakat PLP Jurusan Teknologi Hasil Hutan Politani Samarinda
Pengabdian Masyarakat Pranata Laboratorium Pendidikan Jurusan Teknologi Hasil Hutan yang di laksanakan pada hari Rabu 20 September 2023 yang bertempat di Perum. Rindang Luhur, RT.25, Kelurahan Harapan Baru, Kecamatan Loa Janan Ilir.  PLP Jurusan Teknologi Hasil Hutan menggelar pelatihan tentang Pemanfaatan Limbah Rumah Tangga Sebagai Sumber Energi Alternatif Dalam Bentuk Briket Untuk Masyarakat Harapan Baru.  Adapun tujuan dari pelakasanaan kegiatan ini adalah untuk memanfaatkan limbah rumah tangga sehingga meminimalisirkan limbah yang ada di sekitar wilayah tersebut.  Kegiatan ini di hadiri oleh Ketua Jurusan Abdul Rasyid Zarta, S.Hut., Mp. , Ketua RT.25  Sunarto, Ibu-Ibu Dasawisma Lily, Narasumber Atak Sumedi, S.Hut., MP., serta PLP Jurusan Teknologi Hasil Hutan Politani Samarinda. 

Dalam pelaksanaannya diawali sambutan oleh ketua RT.25 Sunarto , beliau menyampaikan terimakasih kepada Ketua Jurusan beserta PLP di Jurusan Teknologi Hasil Hutan Politani Samarinda atas terselengaranya kegiatan ini, semoga kegiatan ini akan berlanjut dari tahun ketahun sehingga di lingkungan RT.25 mendaptkan ilmu yang bermanfaat untuk warga di wilayah tersebut.  Agenda selanjutnya sambutan ketua Jurusan Teknologi Hasil Hutan dan sekaligus membuka acara kegiatan tersebut, adapun sambutan dari Ketua Jurusan Teknologi Hasil Hutan Abdul Rasyid Zarta, S.Hut., MP., beliau mengucapkan rasa terimakasih kepada warga RT.25 (Ibu-Ibu Dasawisma Lily) karna dapat hadir dalam pelaksanaan kegiatan ini dan di terima dengan baik dengan segala fasilitas yang diberikan. Pengabdian ini merupakan salah satu kegiatan tridarma perguruan tinggi yang harus kami penuhi, semoga dengan adanya kegiatan ini, akan memberikan manfaat kepada warga RT.25 .

Dalam pelaksanaannya sebagai Narasumber Atak Sumedi, S.Hut., MP. Memaparkan tata cara pemanfaatan limbah rumah tangga yang dapat di kelola menjadi energi alternative dalam bentuk briket. Peserta sangat antusias dalam pemaparan materi tersebut, seusai materi peserta di ajak untuk kegiatan praktik pembuatan briket arang.  Adapun tanggapan dari ketua Dasawisma Lily, Garini Widosari menyampaikan dengan adanya kegiatan ini dapat menambah pengetahuan yang nantinya akan ditindaklanjuti pengaplikasiannya di rumah masing-masing , selama ini yang kita tahu untuk memilah sampah yang ada di sekitaran rumah masih sangat minim, bersyukur dengan pengetahuan baru ini kami akan mencoba mengembangkan apa yang kami dapat. Harapan saya semoga setiap tahunnya tetap berlanjut pengabdian untuk melatih warga disini, tidak hanya dasawisma tetapi bapak-bapak atau ibu-ibu yang lain, dan semoga jurusan-juran lain yang berada di politani samarinda juga dapat melirik ke wilayah kami untuk melaksanakan pengabdian masyarakat.
TULIS KOMENTAR ANDA
KE ATAS