Kabar Gembira! Dua Prodi Politani Samarinda Raih Dana Hibah Competitive Fund 2023

Competitive Fund 2023
SAMARINDA 06/05/2023. Dua program studi (prodi) Politani Samarinda yaitu Program Studi D3 Pengelolaan Hutan (Prodi PH) dan Program Studi D4 Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak (Prodi TRPL)berhasil meraih Competitive Fund Vokasi 2023 dari Direktorat Kelembagaan dan Sumber Daya Pendidikan Tinggi Vokasi Kemendikbud.  Kabar gembira ini disampaikan langsung oleh Wakil Direktur I Dr. Heriad Daud Salusu, S.Hut., MP. yang menghadiri undangan kegiatan Evaluasi Kelayakan Proposal Usulan Program Competitive Fund Vokasi 2023 di REDTOP Hotel & Convention Center, Jakarta Pusat pada hari Sabtu (06/05/2023) kepada Direktur Politani Samarinda Hamka, S.TP., M.P., M.Sc.  Sebanyak 35 Perguruan Tinggi Penyelenggara Pendidikan Vokasi mengikuti kegiatan ini terbagi dalam beberapa sesi sejak Jumat - Minggu, 5 - 7 Mei 2023. 8 Perguruan Tinggi salah satunya Politani Samarinda mengikuti Sesi 2 Sabtu, 6 Mei 2023, pukul 13.00 – 17.00 WIB.

Setiap Perguruan Tinggi (PT) hanya mengirimkan perwakilan 5 (lima) orang untuk hadir di acara ini dimana dari Politani Samarinda yaitu:
  1. Pimpinan Perguruan Tinggi               : Dr. Heriad Daud Salusu, S.Hut., MP.
  2. Ketua Tim Taskforce                          : Arief Rahman, SP., M.Sc
  3. Personel Bagian Perencanaan PT    : Agus Susanto, SE
  4. Anggota Tim Taskforce                      : Kiamah Fathirizki Agsa K.S.Hut., M.Hut & Imron, S.Pd., M.Eng
Besaran dana hibah yaitu untuk Prodi PH sebesar Rp. 628.392.000,- dan Prodi TRPL Rp. 731.662.000,- sehingga total pendanaan untuk Politani sebesar Rp. 1.360.054.000,-. Ditambah Pendanaan Sistem MBKM sebesar Rp. 109.000.000,-. Sehingga besaran dana hibah keseluruhan adalah Rp. 1.469.054.000,-.  Dana hibah competitive fund untuk vokasi dapat diartikan sebagai dana yang diberikan kepada program-program pendidikan vokasi yang mengajukan proposal yang kompetitif dan memenuhi kriteria yang ditetapkan. Dana ini bertujuan untuk mendukung pengembangan program-program pendidikan vokasi yang inovatif dan efektif dalam mempersiapkan lulusan untuk memasuki dunia kerja.

Tim Prodi TRPL yaitu:
 
  • Eny Maria, S.Kom., M.Cs
  • Bagus Satria, S.Kom., M.Kom
  • Imron, S.Pd., M.Eng
  • Syafei Karim, S.Kom., M.Kom
  • Eko Junirianto, S.Kom., M.Cs
  • Asep Nurhuda, S.Kom., M.Kom
  • Ida Maratul Khamidah, S.Kom., M.Cs
  • Fajar Ramadhani, S.Kom., M.Kom

Tim Prodi PH, yaitu:
 
  • Ir. Noorhamsyah, MP
  • Dr. Erna Rositah, S.Hut., MP
  • Agustina Murniyati, S.Hut., MP
  • Dr. Elisa Herawati, S.Hut., MP
  • Adelia Juli Kardika, S.Hut., M.Si
  • Laode Muh. Asdiq Hamsin Ramadan, SP., M.Si
  • Kiamah Fathirizki Agsa K.S.Hut., M.Hut

Atas pencapaian ini, Direktur Politani Samarinda Hamka, S.TP., M.Sc., MP beserta jajaran sivitas akademika Politani Samarinda memberikan apresiasi atas upaya, kerja sama, dan kerja keras seluruh tim baik tim Prodi PH dan tim Prodi TRPL mulai dari proses penyusunan proposal, respon perbaikan dokumen yang cepat hingga lolos mendapatkan pendanaan.  Sesuai dengan amanah UU 12 tahun 2012 pasal 16 ayat 1, bahwa pendidikan tinggi vokasi memiliki peran penting dalam menyiapkan SDM yang memiliki kemampuan technical skills sesuai dengan kebutuhan industri.

Pendidikan tinggi vokasi mengemban tanggung jawab untuk menyiapkan SDM yang memiliki kompetensi praktis tertentu. Keunggulan kompetensi SDM tersebut diharapkan akan meningkatkan daya saing bangsa yang dapat diukur dari tingkat kesiapbekerjaan dan keterserapan lulusannya. Berdasarkan uraian tersebut, Pemerintah melalui Kemendikbudristek meluncurkan Program Competitive Fund tahun 2023 dengan Tema “Program Peningkatan Kesiapbekerjaan Lulusan Pendidikan Tinggi Vokasi (PPKL-PTV).”  Adapun informasi mengenai Surat Keputusan, mekanisme kontrak, dan penyaluran anggaran akan disampaikankan lebih lanjut oleh Direktorat Kelembagaan dan Sumber Daya Pendidikan Tinggi Vokasi. (HUMAS/P)
TULIS KOMENTAR ANDA
KE ATAS