Evaluasi Sistem Pengawasan Internal Pemerintah (SPIP) di Lingkungan Kampus Politani Samarinda

2 Februari 2023

Evaluasi SPIP 2023
Pelaksanaan Kegiatan Evaluasi Sistem Pengawasan Internal Pemerintah (SPIP) yang dilakukan oleh Itjen Kemendikbudristek terhadap  Politeknik Pertanian Negeri  (Politani) Samarinda berlangsung  selama 6 Hari Kerja,  sejak tanggal 25 januari hingga  01 Februari 2023, dan ditutup dengan exit meeting oleh direktur Politani Samarinda pada tanggal 01 Februari 2023.

Hasil evaluasi SPIP untuk Politani Samarinda  memberikan Score nilai 3.8 dengan kategori Terdefenisi (level 3) yang artinya Organisasi telah mampu  mendefinisikan kinerjanya dengan baik dan strategi pencapaian kinerjanya telah relevan dan terintegrasi, serta pelaksanaan pengendalian telah dilaksanakan namun belum efektif.
NO Tingkat Maturitas Interval skor
1 Rintisan 1,00 Skor < 2,00
2 Berkembang 2,00 ≤ Skor < 3,00
3 Terdefinisi 3,00 ≤ Skor < 4,00
4 Terkelola dan Terukur 4,00 ≤ Skor < 5,00
5 Optimum 4,50
Hasil sempurna dalam penilain memiliki score 5,  Tetapi nilai yang paling banyak ditemukan Itjen dari setiap institusi yang dievaluasi berkisar nilai score 3 sd 4. Ini menandakan bahwa sistem pengawasan di Politani Samarinda sudah ada dan berjalan dengan baik walaupun masih ada kekurangan dari segi peraturan/SOP yang belum sepenuhnya tersedia dokumentasi/dokumen pendukung/notulensi di setiap kegiatan/rapat belum secara penuh/lengkap tersedia termasuk juga fungsi pengawasan yang dilakukan oleh SPI belum secara maksimal. 

Dengan hasil score ini akan diupayakan pembenahan disetiap tahunnya serta penyempurnaan dari segala kekurangan agar mendapatkan score yang baik untuk kedepannya.  Dalam exit meeting, direktur menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bekerja keras dalam mewujudkan sistem pengawasan yang ada di politani (pimpinan dan segenap pegawai) terutama kepada SPI yang telah mengawal dan mengawasi hal bidang non akademik dan P4MP = SPMI turut andil dalam bidang akademik dipolitani.  Hasil score evaluasi ini adalah penilaian mandiri Politani terhadap sistem pengendalian dan pengawasan baik terhadap keuangan, BMN, akademik, dan non akademik yang secara langsung diawasi oleh Itjen. 

Nilai evaluasi yang cukup tinggi ini juga dikarenakan kepatuhan Politani dalam menerapkan sistem keuangan yang akuntabilitas, efisien, transparan dan efektif dalam setiap kegiatan dan pelaporannya.   Pemenuhan IKU (indikator kinerja utama) direktur turut berpengaruh terhadap capaian score 3.8 dimana target capaian  menghasilkan nilai yang tinggi.  (Humas/AL/NY).
TULIS KOMENTAR ANDA
KE ATAS