Bupati Gorontalo Kunjungan ke Politani Samarinda: Koordinasi Kegiatan International Coconut Conference dan Penanaman Kelapa di IKN

10 Juni 2022

Koordinasi ICC 2022
Sebagai Ketua Koalisi Kabupaten Penghasil Kelapa  (Kopek) di Indonesia, Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo melaksanakan kunjungan ke Politeknik Pertanian Negeri Samarinda (Politani Samarinda) terkait koordinasi kesiapan kegiatan seminar perkelapaan yang akan digelar pada tanggal 29 – 30 Juni 2022 mendatang.  Seminar yang diinisiasi oleh Politani Samarinda dan Kopek,  dengan mengangkat tema “Coconut for Conservation and Conserving World Coconut, Jum’at (9/06/2022). 

Kehadiran Nelson Pomalingo ini memang sangat dinantikan pasalnya beliau yang lebih banyak mengetahui tentang organisasi Kopek ini dan diharapkan banyak memberikan informasi atau masukan  akan agenda yang akan dilakukan  baik koordinasi dengan pemerintah provinsi Kaltim maupun koordinasi dengan pemkot Balikpapan, PPU dan pihak otoritas IKN, narasumber yang akan mengisi, para bupati dari daerah penghasil kelapa, rencana penanaman kelapa di  wilayah IKN Nusantara nantinya. 

Banyak hal yang disampaikan oleh Bupati Gorotalo ini,  dalam pemaparannya  didepan para panitia kegiatan, Nelson menyampaikan bahwa kunjungan ini sebagai bentuk silaturahim yang harus dilakukannya untuk mengkoordinasikan semua hal terkait kegiatan  Internasional Coconut Conference dan Gerakan Penanaman Kelapa Nasional Tahun 2022  yang akan digelar di IKN. Nelson juga  menjelaskan  “kegiatan seminar dan penanaman kelapa di IKN Nusantara harus kita sukseskan dengan baik, sehingga perlu koordinasi yang baik antara pihak Politani yang menggagas kegiatan ini dan pihak Kopek, semua panitia harus bekerjasama,  membangun komunikasi dan  saling berkoordinasi tidak ada yang terlewatkan.  Ujarnya.

Lebih lanjut disampaikan bahwa ada hasil yang ingin dicapai dari kegiatan seminar ini, bukan hanya sekedar pertemuan tapi diharapkan akan memberikan dampak bagi pembangunan perkelapaan di Indonesia khususnya.  Kita ingin mewarnai Ibukota yang baru dengan kelapa “Kami ingin tanaman kelapa menjadi tanaman nusantara, kalau Presiden RI bapak Jokowi membawa tanah dan air dari berbagai daerah di Indonesia, maka Kopek akan membawa berbagai jenis kelapa dari berbagai daerah untuk di tanam   mewarnai IKN,” terang Nelson.  

Nelson menyampaikan beberapa hal  yang harus mejadi perhatian yaitu :
1.    Komoditi  kelapa bisa menjadi Kelapa Nusantara
2.    Karena sebagai tanaman nusantara maka harus mewarnai Ibu kota Negara yang baru (IKN Nusantara) sehingga dibutuhkan lahan untuk penanaman kelapa 
3.    Kelapa dijadikan Komoditi Wisata
4.    Kelapa bisa menjadi sumber konservasi, baik insitu maupun exsitu
5.    Mendorong munculnya jurusan/program studi kelapa atau palma

Selain itu ketua Kopek ini juga menyampaikan banyak hal terkait teknis pelaksanaan kegiatan seminar nantinya seperti: siapa saja yang diundang, berkolaborasi dengan daerah/instansi terkait lainnya untuk mendapatkan dukungan, dan konsep deklarasinya yaitu pencanangan Kelapa sebagai Komoditas Nusantara.   Ungkapnya.

Kehadiran ketua Kopek sekaligus Bupati Gorotalo bersama tim di kampus biru Politani Samarinda disambut hangat oleh Direktur Politani dan panitia kegiatan.  Hamka dalam sambutannya menyampaikan bahwa “ suatu kehormatan kampus kami di datangi  ketua Kopek sekaligus Bupati Gorontalo dan juga mantan Rektor Universitas Negeri Gorontalo, kita memang perlu untuk saling berkoordinasi demi lancar dan suksesnya acara yang akan kita gelar nanti, Politani juga  menyambut baik keinginan kopek untuk mewarnai IKN Nusantara dengan penanaman kelapa dari berbagai daerah, “kita kembali akan menggaungkan kelapa, mengembalikan kejayaan kelapa karena kelapa ini sangat bermanfaat bagi manusia, bagi kehidupan manusia, apa yang kita buat, kita tanam nantinya bisa dilihat dan dinikmati oleh anak cucu kita.  Untuk suksesnya kegiatan ini kita akan melakukan koordinasi dengan semua pihak yang terkait, termasuk akan diagendakan audiensi dengan pemkot Balikpapan, pemerintah PPU untuk mendapatkan support agar kegiatan bisa berjalan lancar,  kita juga akan mengundang semua dinas yang terkait untuk bisa hadir, kita upayakan bisa mengundang Menteri Pertanian di acara tersebut,  Semoga  pak  menteri bisa hadir dalam kegiatan ini. Pungkasnya (Humas/AL)
TULIS KOMENTAR ANDA
KE ATAS