Alhamdulillah! Politani Samarinda ‘Naik’ Klaster

12 Maret 2023

Politani Samarinda ‘Naik’ Klaster
Samarinda (12/03/2023). Politani Samarinda berhasil naik klaster dari klaster Binaan (Pratama) menjadi klaster utama. Naiknya klaster ini berdasarkan Keputusan Direktur Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat Nomor 0241/E5/DT.06.01/2023 tanggal 28 Februari 2022 tentang Penetapan Klasterisasi Perguruan Tinggi berdasarkan Kinerja Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.

Klasterisasi perguruan tinggi tahun 2023 didasarkan pada hasil olahan data kinerja perguruan tinggi berbasis SINTA dalam periode tahun 2019 hingga 2021. Data kinerja yang diperhitungkan merupakan data yang telah diverifikasi dan divalidasi oleh verifikator Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) perguruan tinggi. Data kinerja tersebut meliputi penulis (author), afiliasi (affiliation), jurnal (journal), penelitian (research), pengabdian kepada masyarakat (community service), kekayaan intelektual (intellectual property rights), dan buku (book).

Kemdikbud Ristek menggunakan SINTA (Science and Technology Index) sebagai basis data dalam penetapan klasterisasi perguruan tinggi tersebut. SINTA merupakan sistem pengukuran kinerja penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang digunakan oleh Kementerian Ristek dan berbagai lembaga riset lainnya. Dalam periode yang diukur, Politani Samarinda berhasil menunjukkan peningkatan kinerja yang signifikan, terutama dalam bidang penelitian serta pengabdian kepada masyarakat.

Sebanyak 880 PTN dan PTS pada klasterisasi Perguruan Tinggi Penyelenggara Pendidikan Akademik dan 162 Institusi pada klasterisasi Perguruan Tinggi Penyelenggara Pendidikan Vokasi. Politani Samarinda masuk klaster utama bersama 32 Politeknik se-Indonesia lainnya. Hal ini tentu saja membanggakan karena peningkatan kinerja Politani Samarinda sejajar dengan Universitas Mulawarman dalam bidang penelitian serta pengabdian kepada masyarakat.

Direktur Politani Samarinda Hamka, S.TP., M.Sc., MP menyatakan rasa syukur atas naiknya klasterisasi perguruan tinggi yang ia pimpin meskipun target semula adalah klaster Madya. Tak lupa Direktur menyampaikan terima kasih terutama pada tim P3KM yaitu Kepala Pusat P3KM Dr. Andi Lisnawati,SP.,M.Si, Sekretaris P3KM Reza Andrea, S.Kom., M.Kom., dan Dr. Rudito STP.,MP serta seluruh civitas akademika Politani atas pencapaian yang diraih sebagai hasil dari kerja keras dan kerja sama selama ini. Direktur berharap dari partisipasi dan kolaborasi seluruh civitas akademika ini, agar terus berbenah diri melakukan riset dan publikasi sehingga peningkatan publikasi di SINTA semakin baik nilainya. (Humas/P)
TULIS KOMENTAR ANDA
KE ATAS