Gelar Piala Direktur, Olahraga Mahasiswa Kaltim Menggeliat

23 November 2021

Piala Direktur 2021
Piala Direktur Politeknik Pertanian Negeri Samarinda (Politani Samarinda) kembali digelar tahun 2021 ini. Jumlah cabang yang diperlombakan pada turnamen yang diselenggaran pada 15 November – 5 Desember 2021 ada tiga yaitu bola voli, sepakbola dan futsal. Turnamen yang melibatkan seluruh perguruan tinggi di Kaltim dan jalur undangan untuk sekolah menengah di Kalimantan Timur ini disambut gembira. Terbukti ada 15 perguruan tinggi di Kaltim yang telah mendaftarkan dirinya yaitu Universitas Mulawarman (Unmul), Universitas Widyagama Mahakam (UWGM), Universitas Mulia (UM) Balikpapan, Praja PIN Unmul Kaltim, Universitas Kutai Kartanegara (Unikarta), Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur (UMKT), Universitas Islam  Negeri Sultan Aji  Muhammad Idris (UINSI), Universitas Tujuhbelas Agustus (Untag) Samarinda, STIMIK Wicida, IKIP PGRI Kaltim, Politeknik Negeri Samarinda, Politeknik Pertanian Negeri Samarinda, Politeknik Negeri Balikpapan, Stikes Dirgahayu dan Stiper Kutai Timur. “Ini merupakan tanda bahwa dunia olahraga perguruan tinggi di Kalimantan Timur mulai menggeliat” ujar Direktur Politani Samarinda Hamka didampingi Wakil Direktur III Husmul Beze.

Selain perguruan tinggi tersebut ada sejumlah sekolah menengah yang khusus diundang sehubungan gelaran ini. “Ada SMKN 2 Balikpapan, SMKN 3 Balikpapan, SMAN 5 Samarinda dan SKOI Kaltim” ungkapnya.  

Hamka juga menyampaikan bahwa gelaran Piala Direktur tahun ini merupakan bentuk partisipasi menggairahkan iklim olah raga di Kalimantan Timur. Khususnya di perguruan tinggi dan sekolah menengah. “Namun protocol kesehatan tetap menjadi acuan utama kegiatan” tegas lelaki kelahiran Makassar ini.

Gelaran Piala Direktur Politani Samarinda ini ujar Hamka merupakan salah satu terjemahan pihaknya atas keinginan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi untuk melakukan penguatan terhadap pengembangan softskill mahasiswa di Kalimantan Timur. Dengan adanya kegiatan minat dan bakat ini, mahasiswa dilatih banyak hal tentang softskill. Yaitu tentang kerjasama tim, kedisiplinan dalam berlatih, kesungguhan dalam beraktifitas hingga kepemimpinan dalam tim. “Semua kemampuan tersebut banyak diasah pada momen-momen seperti ini” paparnya.
Hamka meyakini bahwa dengan adanya peningkatan softskill di kalangan mahasiswa maka pintu kesuksesan akan lebih terbuka selepas lulus dari bangku perguruan tinggi. “Sebab kesuksesan itu delapanpuluh persennya ditunjang dari kemampuan softskill ini” ungkapnya.

Hamka juga mengungkapkan bahwa beberapa tahun sebelumnya juga Piala Direktur ini pernah digelar pihaknya. “Dan sekarang kita hidupkan kembali” ujarnya.
Sekadar informasi, dalam Cabang Bola Bola Putra keluar sebagai juara 1, 2 dan 3 adalah, SMK Medika, Penjas Universitas Mulawarman dan SKOI Kaltim. Di Cabang Bola Voli Putri, tampil sebagai juara 1, 2 dan 3 adalah SMAN 5 Samarinda, Politani Samarinda dan SMKN 3 Balikpapan. “Saat ini sedang berlangsung Cabang Sepakbola di Lapangan Komura Samarinda Seberang” pungkasnya. (bz)
TULIS KOMENTAR ANDA
KE ATAS