Gelar Dua Momen Sekaligus, Upacara Hardiknas dan Halal Bihalal Pererat Silaturahmi Keluarga Besar Politani Samarinda

2023 Upacara Hardiknas dan Halal Bihalal
Samarinda 03/05/2023. Upacara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) dilaksanakan setiap tanggal 2 Mei bertujuan memperingati hari lahirnya Ki Hajar Dewantara, seorang tokoh Pendidikan Nasional Indonesia.  Sementara itu, halal bihalal biasanya dilakukan setelah hari raya Idul Fitri sebagai cara untuk mempererat tali silaturahmi antara keluarga, teman, dan kolega. Tradisi ini biasanya melibatkan pertemuan di mana orang-orang saling memaafkan dan berbagi makanan. 

Politani Samarinda menggelar dua momen penting tersebut yaitu upacara Hardiknas 2023 dan dilanjutkan halal bihalal Idul Fitri 1444H pada hari yang sama yakni Selasa, 2 Mei 2023, dihadiri oleh seluruh sivitas akademika meliputi; Direktur, Wakil Direktur (1, 2, 3 dan 4), para Kajur, para Kaprodi, Ibu-ibu DWP Politani, Dosen, PLP, Staf administrasi, Security dan Tenaga Kebersihan (CPNS dan Tenaga Honorer) di lingkungan kampus Politeknik Pertanian Negeri Samarinda.

Upacara Hardiknas 2023 mengusung tema “Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar” digelar di halaman Kantor Direktorat Politani dipimpin langsung oleh Direktur Politani Samarinda Hamka, S.Tp, M.Sc., MP. Dalam kegiatan upacara ini turut pula disampaikan SK Pegawai Purna Tugas TMT 1 Mei 2023 oleh Direktur didampingi Wakil Direktur II Eva Nurmarini, S. Hut., MP, dan penyampaian informasi Pengisian format Penilaian PNS Berprestasi. 

Peringatan Hardiknas tahun ini sedikit berbeda karena setelah upacara usai para sivitas akademika Politani mengikuti kegiatan halal bihalal keluarga besar Politani karena masih dalam suasana Hari Raya Idul Fitri dengan mengusung tema “Perkuat Silaturahmi Menuju Politani yang Mandiri dan Berprestasi” di ruang Auditorium Politani. Kedua acara penting ini sekaligus menjadi moment silaturahmi antar pegawai dan juga mahasiswa.  Halal bihalal diawali oleh pembacaan Kalam Illahi oleh Muhammad Barokah, salah seorang mahasiswa berprestasi dari Prodi Teknologi Hasil Pertanian (THP) sebagai Juara Terbaik III kategori hapalan 5 juz lomba MTQ tingkat Kecamatan.

Acara dilanjutkan dengan sambutan Direktur Politani Samarinda Hamka, S.Tp, M.Sc., MP. Dalam sambutannya, Direktur menyampaikan terima kasih sekaligus mohon maaf yang sebesar-besarnya bila ada ucapan, atau perbuatan yang kurang berkenan di hati. Beliau menjelaskan bahwa acara Halalbihalal dan silaturahim berlebaran saling membukakan pintu maaf ini mencerminkan budaya tradisi masyarakat Muslim Indonesia yang harus diteruskan. Beliau turut menghimbau kepada hadirin untuk senantiasa menjaga dan memperbaiki silaturahmi kepada sesama umat manusia.

Tausiyah Halalbihalal dan pembacaan doa diisi oleh Ustadz H.Aspian Noor Nurdin, S.Ag dari Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Timur. Dalam tausiyahnya yang khas menggunakan bahasa Banjar, beliau berpesan untuk selalu menebar kebaikan, tetap menjalankan ibadah meskipun Ramadhan telah pergi dan harus memperbanyak rasa syukur. Kemudian beliau mengakhiri tausiyah dengan pembacaan doa.  Di akhir acara, sejumlah sivitas akademika Politani secara bergantian saling bersalaman diiringi shalawat Nabi Muhammad SAW dilanjutkan dengan ramah tamah dan foto bersama.(HUMAS/P)
TULIS KOMENTAR ANDA
KE ATAS