PUSDATIN Kemendikbudristek Siap Dukung Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN) Tahun 2022

3 Januari 2022

SNMPN 2022
Pusat Data dan Teknologi Informasi (PUSDATIN) Kemendikbudristek, melalui Mursid Triasmanto, Analis Statistik menyatakan kesiapannya untuk mendukung program Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi, SNMPN 2022 pada kegiatan peresmian Jalur Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN) Tahun 2022, di Jakarta, hari ini (03/01/2022).  Bersama Direktorat Akademik Pendidikan Tinggi Vokasi Kemendikbudristek dan Forum Direktur Politeknik Negeri Se-Indonesia (FDPNI) serta disaksikan Kepala Sekolah SMK/SMA/MA/MAK se-Indonesia dan Para Guru Bimbingan Konseling (secara hybrid, red.) PUSDATIN memberikan gambaran mengenai pembaruan konsep tata Kelola data dan informasi berdasarkan kebutuhan perkembangan pembangunan pendidikan di Indonesia.

Sistem verifikasi dan validasi data pendidikan, atau dikenal dengan istilah Verval Data bertujuan memperbaiki data yang belum valid, disebabkan duplikasi data. Biasanya terjadi karena siswa yang sudah tidak aktif, karena pindah, dan alasan tertentu masih terdaftar pada sekolah yang lama. Sementara di sekolah yang baru, siswa didata ulang sehingga berpotensi terjadi duplikasi data. “Satuan Pendidikan berperan sangat penting dalam proses pendataan siswa. Baik sekolah, operator dan Kepala Sekolah diharapkan dapat berkoordinasi untuk melakukan update data seperti NISN, Identitas siswa dan lain sebagainya, sehingga sasaran verifikasi validasi dapat terpenuhi,”tegas Mursid.  “Data yang digunakan mengacu pada data yang ada di Kementerian Dalam Negeri. Dan, ternyata masih dijumpai adanya permasalahan seputar data induk kependidikan. Untuk itu dibutuhkan Verval Data, mengingat data ini menjadi dasar untuk program seleksi nasional yang akan berlangsung ini, “lanjutnya.

Direktur Akademik Pendidikan Tinggi Vokasi, Dr. Beny Bandanadjaja, S.T., M.T. turut menambahkan jika Pemerintah melalui program Satu Data Indonesia telah berupaya mewujudkan tata kelola data pemerintahan yang akurat, mutakhir, terpadu, dan dapat dipertanggungjawabkan, serta mudah diakses dan dibagipakaikan antar Instansi Pusat dan Instansi Daerah. “Datanya terpusat dari Kemendagri. Dan untuk pemanfaatan datanya tidak hanya terbatas pada penggunaan secara internal antar instansi, tetapi juga sebagai bentuk pemenuhan kebutuhan data publik bagi masyarakat. Salah satunya adalah pemanfaatan data untuk program seleksi nasional masuk perguruan tinggi, seperti SNMPN ini” sambung beliau.

Sebelum SNMPN tahun 2022 ini diluncurkan, telah diadakan sosialisasi internal untuk masing-masing politeknik peserta jalur seleksi ini di tanggal 28 Desember 2021 yang lalu. Melihat betapa data menjadi bagian terpenting pada proses seleksi, pada kesempatan itu Kepala Bidang Data Satuan Pendidikan dan Proses Pembelajaran PUSDATIN Kemendikbudristek, Drs. L. Manik Mustikohendro, M.Si. pun berkesempatan menyampaikan tentang Ekosistem Data.   “Data merupakan representative dari setiap Warga Negara yang harus dipastikan pendidikannya. Setiap individu, akan meninggalkan jejak rekam data pendidikan, sejak di awal bergabung dengan pendidikan dasar hingga pendidikan lanjutannya, SMP, SMA/ SMK/ MA dan perguruan tinggi. Untuk itu dibutuhkan pemahaman lebih dalam hal pengelolaan data-data pendidikan, “kata Manik Mustikohendro. (Koordinator Humas SNMPN)
TULIS KOMENTAR ANDA
KE ATAS