Menteri Pertanian Hadiri Wisuda Politani Samarinda Secara Daring

25 Oktober 2021

Menteri Pertanian Menghadiri Wisuda
Rapat Senat Terbuka dalam rangka Wisuda Politeknik Pertanian Negeri Samarinda (POLITANI) Program Diploma Dua, Diploma Tiga, dan Sarjana Terapan Ke XXXI tahun Akademik 2020/2021 kembali digelar di Ballroom  Hotel Harris, Samarinda Sabtu (23/10/2021). Pelaksanaan wisuda kali ini dilaksanakan secara luring atau offline  dengan protokol kesehatan yang ketatWisuda Politani yang ke-31 kali ini ini dilaksanakan secara luring, karena pertimbangan kondisi pandemi yang berangsur membaik. namun para wisudawan/wisudawati belum bisa didampingi/menghadirkan  orang tua dan keluarga secara langsung, karena  pihak panitia  tetap memprioritaskan kesehatan dan keselamatan dan tetap mewaspadai merebaknya kembali virus corona.   Orang tua, keluarga, dosen serta staf lainnya hadir secara virtual  untuk menyaksikan prosesi wisuda  kali ini. Sebanyak 378 wisudawan dan wisudawati resmi menjadi alumni Politani.  Prosesi wisuda tahun ini sangat luar biasa karena bisa menghadirkan Menteri Pertanian Republik Indonesia Bapak Dr. Syahrul Yasin Limpo, SH.M.Si.,M.H.,  Direktur Kelembagaan dan Sumber Daya Pendidikan Tinggi Vokasi, Dr. Henri Togar Hasiholan Tambunan, S.E., M.A. . Wakil Gubernur Kaltim Bapak H. Hadi Mulyadi S.Si.,M.Si,   Staf Ahli  Bidang Kemasyarakatan dan Sumberdaya Manusia, Kepala Dinas Pertanian Kota Samarinda Ir. Endang Liansyah MP, dan  Wakil  IKA Politani Maya Biantary.

Politani Samarinda meluluskan sebanyak 378 wisudawan dari 8 program studi  ditambah 1  dari program PDD Budidaya Tanaman Perkebunan adapun rinciannya yaitu   22 orang dari Pengelolaan Hutan jenjang D3, BTP jenjang D3 sebanyak 25 orang, Pengelolaan Lingkungan jenjang D3 sebanyak 42 orang, Teknologi Geomatika dengan jenjang D3 dan RPL  sebanyak 49 orang, Program studi Pengolahan Hasil Hutan dengan jenjang D3 12 orang, Teknologi Hasil Perkebunan jenjang studi D3 39 orang, Pengelolaan Perkebunan jenjang D4 sebanyak 85 lulusan, sementara TRPL (D4) meluluskan 90 orang dan 14 orang dari program studi PDD BTP jenjang D2.

Selain menyampaikan selamat  kepada wisudawan, Direktur juga banyak menyampaikan  keberhasilan atau capaian yang telah dihasilkan oleh Politani seperti prestasi yang telah banyak diukir oleh mahasiswa, dan dosen, perkembangan kerjasama semakin pesat yang mampu mendukung kemajuan Politani, ini  adalah berkat kerjasama dan dukungan yang kuat dari para pengelola dan  jajaran staf yang memiliki spirit yang sangat kuat untuk membangun Politani samarinda,  Selain itu  penyampaian permohonan maaf kepada para orang tua dan keluarga para wisudawan/wisudawati yang tidak bisa mendampingi putra/putrinya secara langsung di hari yang sangat berbahagia ini. “Kami berharap para orang tua dan keluarga wisudawan/wisudawati dapat memahami kondisi ini,” ujar Direktur Politani Samarinda, Hamka dalam sambutannya.

Mengawali sambutannya Wakil Gubernur Kalimantan timur, Hadi Mulyadi mengucapkan selamat pada para wisudawan-wisudawati Politani samarinda. dan  juga mengapresiasi capaian Politeknik Pertanian Samarinda, yang telah berkontribusi, mencetak sumber daya manusia  dan mengharumkan nama Kaltim di kancah lokal maupun nasional, Kepada para wisudawan, Hadi berpesan agar tak pernah berhenti belajar sebab pendidikan akan memberikan jaminan masa depan lebih baik. “Sebab yang menjamin kehidupan kita di dunia dan akhirat adalah ilmu pengetahuan,” Hadi juga mengharapkan wisudawan-wisudawati bisa memberikan kontribusinya dalam pembangunan khususnya bidang pertanian. Diakhir sambutannya Wagub menjanjikan  sepeda kepada lulusan terbaik dan setiap jurusan di Politani Samarinda.  Sementara itu orasi ilmiah yang menghadirkan Menteri Pertanian Republik Indonesia Bapak Dr. Syahrul Yasin Limpo, SH.,M.Si.,M.H.  secara Virtual menyampaikan Pembangunan Pertanian di Indonesia saat ini sangat baik dan tetap bertahan meskipun ada pandemi COVID-19, Indonesia menempati posisi ke empat dalam hal ketahanan pangan dunia. “Bersyukurlah anda (mahasiswa) saat ini sudah ada di tempat yang benar yaitu Politeknik Pertanian Negeri Samarinda”, Politani Samarinda hadir untuk mencerdaskan  warga baik Samarinda maupun masyarakat Indonesia untuk menjaga ketahanan pangan, meskipun sumberdaya alam tersedia  secara melimpah namun tidak dibarengi SDM yang handal akan susah payah untuk mengolahnya, tegasnya.

Kembangkan terus ilmu jangan puas dengan capaian saat ini, karena zaman akan terus berubah. “Bagaimana membangun masa depan dengan Eramu, paradigma kemarin akan pasti berbeda dengan masa depan, saat ini literasi digital, pada masa pandemi Covid-19, setiap individu perlu menguasai literasi digital yang dibutuhkan untuk beradaptasi di zaman yang serba modern ini, terapkan ilmu yang didapat dan teruslah belajar mengembangkan diri, planningkan segala sesuatunya dengan baik, hanya orang yang ulet yang bisa sukses, integritas yang kuat juga sangat diperlukan. Menjadi petani itu  hebat  dan  keren, di masa pandemi ini bidang pertanian lah yang tetap eksis, Pertanianlah sebagai sumber pembangunan daerah dan bangsa, Salam Pertanian. Pungkasnya  (Humas/AL)
TULIS KOMENTAR ANDA
KE ATAS