Politani Pertahankan Prestasi Terbaik Ketiga Kinerja Anggaran Tahun 2021 Dari Kemendikbudristek

15 Maret 2022

Kinerja Anggaran 2021
Penilaian kinerja Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dan pelaksanaan anggaran pada seluruh satuan kerja Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi  menjadi salah satu tolok ukur pengelolaan keuangan negara. Keberhasilan satuan kerja dalam mengelola  anggaran menjadi penentu keberhasilan.  

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi  (Kemendikbudristek RI) dalam hal ini Mendikbudristek Bapak Nadiem Anwar Makarim menganugrahkan Penghargaan kepada Unit Kerja dan Satuan Kerja  atas implementasi Sakip  (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah) dan Kinerja Anggaran  (NKA) Tahun 2021.  Apresiasi ini diberikan sebagai bentuk penghargaan terkait akuntabilitas dan kinerja anggaran pada 2021. 

Politani Samarinda sebagai salah satu Perguruan Tinggi Negeri  Satuan Kerja berhasil meraih Terbaik Ketiga pada penganugerahan Penghargaan Implementasi SAKIP dan Nilai Kinerja Anggaran TA 2021 secara Daring, pada hari Selasa (15/3/2022). Politani Samarinda berhasil  meraih Terbaik Ketiga dengan nilai 98,28  predikat Sangat Baik pada katagori Nilai Kinerja Anggaran Tahun 2021.   Sementara untuk posisi pertama dan kedua kinerja anggaran terbaik diraih oleh Politeknik Negeri Madiun  dengan nilai 98,30 predikat sangat baik dan Politeknik Negeri Ketapang sebagai terbaik kedua dengan nilai 98,29 predikat sangat baik.

Dalam acara tersebut, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Nadiem Anwar Makariem turut mengapresiasi kinerja seluruh Satuan Unit kerja dan satuan kerja  di Kementeriannya. beliau menyampaikan “selamat dan terima kasih kepada seluruh unit kerja atas kerja keras dan kerja cerdas dalam mempertahankan  akuntabilitas dan efektivitas  dalam melaksanakan, mengelola, dan mengatur keuangan secara efektif dan efisien sesuai dengan ketentuan, dan hendaknya Prestasi yang telah dicapai pada tahun 2021, dapat menjadi pengingat untuk kita semua untuk terus meningkatkan tata kelola pemerintahan yang efisien,  akuntabel, partisipatif, dan transparan,  ”perlu terus meningkatkan akuntabilitas kinerja kita dalam perencanaan program,   memastikan penggunaan anggaran yang tersedia betul-betul sesuai pemanfaatannya  untuk kepentingan masyarakat dengan tata kelola yang baik, partisipatif, akuntabel dan yang terpenting adalah kerjasama, gotong royong  untuk membuat gerakan merdeka belajar semakin  besar, semakin kuat , semakin besar,  ungkap Nadiem. 

Direktur Politeknik Pertanian Negeri Samarinda (Politani Samarinda), Hamka S.TP.,M.Sc.,MP.  menyampaikan rasa syukur atas kinerja anggaran yang diperoleh oleh Politani Samarinda, penghargaan ini membuktikan bahwa Politani Samarinda sebagai salah satu Perguruan Tinggi yang  memiliki sistem pengelolaan kerja  baik, transparan dan akuntabel. “ Tahun Kemarin 2020 Politani juga berhasil meraih Terbaik Ketiga” Ujarnya.  Lebih lanjut, Hamka  menyampaikan penghargaan yang Politani Samarinda terima  ini berkat kerja keras, kerja bersama, pengelola kegiatan dan anggaran dan koordinasi yang baik dengan berbagai pihak, semoga Politani Samarinda  bisa terus melakukan  kinerja yang terbaik  baik dalam hal penganggaran maupun untuk  prestasi dan inovasi lainnya, sehingga Politani Samarinda bisa menjadi kampus yang lebih dikenal luas. Ujarnya

Eva Nurmarini S.Hut.,MP. selaku  Wakil Direktur II  Bidang Umum,  Keuangan  dan Kepegawaian  Politani Samarinda  menyampaikan bahwa kinerja bagian keuangan yaitu memberikan pelaporan selalu tepat waktu, meminimalisir kesalahan dalam proses penginputan data-data keuangan, melakukan efisiensi pelaksanaan anggaran, efektifitas kegiatan, konsistensi penyerapan anggaran terhadap perencanaan dan penyerapan anggaran itu sendiri, serta pengelolaan keuangan yang menerapkan penggunaan aplikasi seperti SIRENBAJA (Sistem Perencanaan Barang dan Jasa), SAKTI (Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi), SIMPROKA (Sistem Informasi Manajemen Program, Kegiatan, dan Anggaran) dll,  sehingga semuanya itu memberikan kemudahan dalam pengawasan, evaluasi  dan pelaporan. Pungkas Eva.  (Humas/AL).
TULIS KOMENTAR ANDA
KE ATAS