Tim Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) Pengabdian Masyarakat dari Program Studi Teknologi Hasil Perkebunan (THP), Jurusan Teknologi Pertanian Politeknik Pertanian Negeri Samarinda,   telah bekerja sama dengan ibu-ibu PKK dan Posyandu di Kelurahan Sungai Keledang  Samarinda untuk mengadakan Sosialisasi dan Pelatihan Pembuatan Abon Ikan yang bertemakan  “Pelatihan Pembuatan Abon Ikan Menggunakan Ikan Grade  Rendah (Grade 3) yang dilaksanakan pada hari Kamis, 9 September  2021 di Kantor Kelurahan Sungai Keledang, Samarinda Seberang.

Kegiatan ini tetap menerapkan protocol Covid-19 dan dihadiri kurang lebih 20 peserta dari ibu-ibu PKK dan Posyandu di Kelurahan Sei Keledang, Samarinda.  Pelaksanaan dimulai dari sambutan-sambutan oleh Dosen Pembimbing Farida Ariyani S.Hut.,MP.,  KaHumas Politani Dr. Andi Lisnawati, SP.,M.Si, dan Sekertaris Lurah Budi Sahjaya, SP.  Sekaligus membuka acara tersebut.  Setelah sambutan dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis peralatan pembuatan Abon dari Tim PKM-PM ke Ketua PKK Sei Keledang. Kemudian dilanjutkan pemaparan teknologi pembuatan  Abon dan praktek pembuatannya.

Program ini dilaksanakan oleh mahasiswa Tim PKM-PM yakni Asminawati, Ceria Mustafa, Dyahrully,  serta dibantu oleh mahasiswa lainnya yang didampingi dosen, Farida Aryani, S.Hut.,MP  dan Dr. Andi Lisnawati, SP.,M.Si yang juga selaku KaHumas Politani Samarinda.

“Program pengabdian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya masyarakat yang belum memanfaatkan ikan yang kecil atau grade 3 dalam membuat olahan ikan. Melihat permasalahan tersebut, kami menawarkan inovasi dan solusi Teknologi Pengawetan Ikan Grade 3 dalam Pembuatan Abon Ikan guna menyelesaikan masalah tersebut,” terang  Ketua Tim program PKM Kelompok Abon  Asminawati,  pada Rabu (9/9).

Pembina PKM PM Farida Aryani  menambahkan bahwa latar belakang lain dari pengabdian ini adalah belum adanya  keinginan atau kemauan masyarakat dalam mengolah atau memanfaatkan ikan yang kecil  dan pengembangan ikan sebagai produk bernilai tambah sampai saat ini masih cukup rendah, mengolah daging ikan menjadi abon adalah salah satu alternatif pemanfaatan produk ikan yang nilai ekonomisnya rendah menjadi tinggi. Disamping itu, juga memperpanjang umur simpan dari bahan tersebut menjadi lebih lama.

Sementara itu Andi Lisnawati, selaku Kahumas Politani dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada pihak Kelurahan yang telah bersedia memfasilitasi kegiatan ini.  “Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk masyarakat, khususnya ibu-ibu PKK atau Posyandu agar dapat memahami dan memanfaatkan ikan grade 3 ini dalam membuat olahan ikan, karena harganya lebih murah dan juga tetap bergizi, Ujarnya,  lebih lanjut bahwa “diversifikasi produk olahan  seperti Abon ini bertujuan meningkatkan konsumsi ikan dengan cara menganekaragamkan olahan hasil perikanan. Harapannya usaha ini dapat menarik minat orang untuk gemar mengkonsumsi ikan karena kecenderungan masyarakat malas  makan ikan apalagi anak-anak karena rasa dan bau amis yang melekat pada ikan. Ujarnya.

Sekretaris Lurah, Budi Sahjaya memberikan sambutan hangat terhadap pelaksanaan kegiatan  ini dengan menunjukkan respon positif  dan menyampaikan terima kasih atas kunjungan dan dipilihnya Kelurahan Sei keledang  sebagai tempat pelaksanaan program kreatifitas mahasiswa, “Alhamdulillah ini sudah kesekian kalinya mahasiswa maupun dosen melakukan kegiatan pengabdian di tempat kami, ini sangat membantu masyarakat kami untuk menambah ilmu dan keterampilan apalagi di saat pandemic seperti ini,  apalagi olahan ikan menjadi abon yang  bisa dijadikan alternative usaha. Pungkasnya (Humas/AL).