Setelah menuntaskan seluruh jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2021/2022, dengan jumlah  400 mahasiswa baru, Politani  Samarinda menggelar kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus untuk Mahasiswa Baru (PKKMB),  mengingat pandemi Covid-19 yang masih mewabah  tidak memungkinkan untuk menyelenggarakan  kegiatan secara luring,  maka PKKMB berlangsung secara daring.  Pelaksanaan PKKMB secara online tahun 2021 ini merupakan yang kedua kalinya diselenggarakan. PKKMB merupakan kegiatan penerimaan mahasiswa baru secara resmi, dengan memberikan materi-materi yang berhubungan dengan pengenalan kampus, di mana sebelum pandemi kegiatan berlangsung secara luring selama beberapa hari.

PKKMB tahun ini menghadirkan beberapa pemateri seperti tahun-tahun sebelumnya yang terdiri dari Wakil Direktur 1 , Wakil  Direktur II, III dan IV, Ketua Jurusan,  Korem, BNN,  Parabus, Hima, UKM, Alumni Politani dan  para ketua program Studi di lingkungan Politani Samarinda. Kegiatan ini  dilakukan secara virtual melalui aplikasi zoom meeting  selama 4 hari, yaitu Senin (30/08/2021) sampai hari Kamis (2/09/2021). Serangkaian kegiatan PKKMB  ini diwarnai dengan berbagai kegiatan seperti pembekalan materi akademik, kemahasiswaan, organisasi kemahasiswaan, Bela Negara,  pencegahan intoleransi, Radikalisme dan terorisme. dan tentu tidak terlepas dengan penugasan.

Mengingat pandemi Covid-19 ini belum berakhir serta masih ditetapkannya kebijakan pembatasan pertemuan tatap muka dan masih berlakunya PPKM level 4 di wilayah samarinda, maka PKKMB akan dilakukan secara daring. Hal ini dilakukan tidak saja dalam rangka mengikuti aturan yang ditetapkan oleh Pemerintah, namun juga sebagai komitmen Institusi  Politani Samarinda dalam mendukung seluruh upaya untuk menekan laju penularan Covid-19 di tengah masyarakat. Ujar Heriad  Daud Wadir 1 bidang akademik Politani.

Mengawali kegiatan PKKMB  seluruh mahasiswa baru mendengarkan sambutan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud-Ristek) Nadiem Anwar Makarim. Dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada mahasiswa baru (maba) yang telah menapaki jenjang yang lebih tinggi, memiliki kemerdekaan  belajar yang lebih luas dalam  menentukan arah masa depan. Program Kampus Merdeka sebagai peluang bagi mahasiswa untuk lebih banyak mengeksplorasi diri dalam menuntut pendidikan, kalian bisa  belajar di luar prodi selama 3 semester,  mengikuti program Kampus Merdeka antara lain magang di perusahaan atau instansi atau organisasi sosial, membangun desa dan lain-lain, jelasnya.

Pada Pembukaan  Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus untuk Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun 2021 ini Hamka  selaku Direktur mencanangkan Tagline “Politani Samarinda Bisa”.  Politani Samarinda bisa yang dimaksud adalah Politani Samarinda bisa menciptakan sumber daya manusia yang kreatif, inovatif dan kompetitif. Dengan  sumber daya manusia yang demikian Hamka meyakini Politani Samarinda akan menjadi kuat dan bisa menguatkan Indonesia. Sesuai tema PKKMB  tahun 2021 yaitu “Politani Samarinda Kuat Menguatkan Indonesia”.

Hamka juga menegaskan Politani Samarinda telah memiliki sejumlah capaian dalam upaya pencapaian visinya yaitu pada tahun 2035 menjadi penyelenggara pendidikan vokasi yang unggul secara komparatif dan kompetitif bertaraf nasional dan internasional, sementara itu  Politani Samarinda sejak tahun 2020 lalu telah berhasil memperoleh predikat sebagai kampus dengan akreditasi Baik Sekali.  Capaian ini membuktikan bahwa Politani Samarinda memiliki kualitas baik secara akademik, pelayanan dan prestasi. Terangnya 

“Meskipun proses perkuliahan nantinya juga masih diterapkan secara daring, saya berharap agar para mahasiswa/i baru dapat tetap bersemangat dalam menyambut tahun awal perkuliahannya. Mari kita doakan semoga pandemi dapat selekasnya mereda, sehingga  Politani bisa menyelenggarakan kegiatan perkuliahan secara tatap muka penuh dan kondisi berangsur-angsur kembali normal,” harap Hamka. (Humas/AL).