Lembaga Penelitian dan Pengabdian masyarakat (P2M) Politani Samarinda  menyelenggarakan Sosialisasi terkait Hibah Penerbitan Buku sekaligus Penandatanganan Kontrak Penelitian baik hibah internal maupun dari Simlitabmas, di ruang rapat lantai 3 Politani Samarinda  Kalimantan Timur.  Kegiatan ini berlangsung  selama sehari diikuti oleh Direktur, para Wadir 1, 2, 3 dan 4,  humas serta semua dosen  yang dilaksanakan secara offline dan online.

Kegiatan Sosialisasi  ini dibuka secara resmi oleh bapak Direktur  Politeknik Pertanian Negeri Samarinda  Hamka S.TP.,M.Sc.,MP. dengan menghadirkan 2 narasumber internal Politani Samarinda yaitu Reza Andrea, S.Kom.,M.Kom. sekretaris P2M dan  Muhammad Yamin, S.TP.,M.Si  seorang dosen yang   telah berpengalaman dalam menulis Buku. 

Direktur Politani, Hamka S.TP.,M.Sc.,MP. dalam sambutannya menyampaikan terima kasih dan mengapresiasi P2M  dan tim di dalamnya yang telah bekerja keras untuk melaksanakan  kegiatan ini.  Kinerja tim di P2M luar biasa, dengan  dana hibah internal di tahun 2021 semoga kinerja menjadi lebih baik lagi.  Direktur  mengharapkan Progres dari penelitian dan pengabdian masyarakat bagi dosen Politani Samarinda  dapat meningkat baik dari segi kuantitas dan kualitasnya. 

Semoga acara ini dapat meningkatkan pemahaman kita dalam menulis buku, harapannya  semakin banyak Dosen Politani  yang termotivasi menulis, dan  membuat buku ajar atau buku-buku referensi lainnya  “Semoga kegiatan ini dapat menjadi sarana pengembangan kemampuan dosen di bidang menulis dan kedepannya akan lebih banyak dosen yang mendapatkan dana hibah penulisan buku ajar,” pungkasnya. 

Sementara itu  Yamin selaku narasumber memaparkan bahwa menulis adalah upaya kita berbagi ide, berbagi pikiran ke semua orang  dan ini  bagian dari shadaqah ilmu dan warisan yang dapat dimanfaatkan oleh orang yang membutuhkan.  Seorang dosen tidak hanya bertugas mengajar saja, tapi juga perlu  menulis baik itu jurnal atau buku untuk memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi.  Politani mempunyai banyak penulis potensial yaitu Dosen dan Mahasiswa,  dosen perlu menulis bahan ajar yang diberikan saat memberi perkuliahan.  Penulisan buku ajar, monograf atau buku referensi sangat berguna untuk pemenuhan Evaluasi Kinerja Dosen (EKD) dan kenaikan pangkat. Ujarnya.   Selanjutnya dalam penyampaiannya  Yamin  mengungkapkan beberapa tips dalam menulis buku diantaranya yang pertama menentukan idenya, memperdalam ide yang telah ditemukan caranya bisa dengan membaca banyak buku, mulai  merencanakan menulis dan membaca trend buku saat ini, kemudian mengumpulkan bahan termasuk cara pengambilan gambar di google yang free bukan plagiasi. 

Narasumber kedua Reza menyampaikan teknis terkait cara-cara mendapatkan insentif penulisan buku melalui  system yang dibuat oleh P2M, untuk mendapatkan insentif tersebut penulis harus punya akun terlebih dahulu, setelah itu bisa  memilih pengajuan insentif penerbitan buku, di dalam system tersebut sudah disiapkan template untuk buku ajar dan buku referensi, penulisan harus disesuaikan dengan template yang disediakan, kalau tidak mengikuti template yang telah disediakan akan ditolak. Tegasnya.  (Humas/AL).