Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) Tahun 2021 di Politeknik Pertanian Negeri Samarinda telah digelar pada hari Kamis 27 Mei  2021 di ruang rapat lantai 3 Gedung Rektorat Politani Samarinda.  Sebanyak 10 peserta yang ikut dalam lomba Pilmapres tahun 2021 ini, mereka berasal dari berbagai program studi yang ada di lingkungan Politeknik Pertanian Negeri Samarinda. 10  Mahasiswa yang ikut lomba ini  semuanya menunjukkan kemampuan dan ide kreatif yang sangat luar biasa, mereka memaparkan karyanya dengan penuh semangat dan percaya diri di depan 3 juri yaitu Dr. Abdul Raryid Zarta S.Hut.,MP., Dr. Andi Lisnawati SP.,M.Si dan  Dr. Budi Winarni SP.,MP. Pertanyaan yang dilontarkan oleh dewan juri dengan penuh antusias mampu dijawab dengan baik, begitupun mereka menunjukkan IPK, prestasi atau capaian membanggakan yang  telah diperoleh.   

Kegiatan Pilmapres  ini merupakan ajang perlombaan bergengsi tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan  yang diperuntukkan bagi mahasiswa perguruan tinggi  secara berjenjang.  Hal ini dilakukan sebagai upaya  untuk menciptakan mahasiswa unggul yang memiliki kemampuan dan kreatifitas serta mampu menyeimbangkan  antara kecerdasan Intelektual, emosional dan spiritual, yang merupakan bekal menjadi SDM yang lebih unggul. 

Mahasiswa yang lolos menjadi juara pada Pilmapres tingkat perguruan tinggi akan didaftarkan pemenangnya ke Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk selanjutnya mengikuti seleksi tingkat nasional.

Tujuan kegiatan ini  diharapkan bahwa mahasiswa tidak hanya menekuni ilmu dalam bidangnya saja, tetapi juga bisa beraktivitas untuk lebih mengembangkan dirinya baik soft skills maupun hard skill-nya agar nantinya bisa menjadi lulusan yang mandiri, mampu bekerja dengan baik dan cermat, gigih, bertanggung jawab, disiplin dan punya inisiatif serta kreatif.  Mahasiswa saat ini tidak hanya dituntut untuk pintar atau cakap  secara akademik, tapi diharapkan juga punya inisiatif, kreatifitas mengembangkan kemampuan yang dimiliki sehingga bisa membaca peluang-peluang yang ada.  Untuk itu perlu diidentifikasi mahasiswa yang memiliki kemampuan dan kecakapan yang seimbang antara hard skill dan soft skill tersebut dan yang terbaik akan diberi penghargaan sebagai mahasiswa yang berprestasi. 

Tahapan seleksi Pilmapres tahun 2021 ini dilaksanakan dari lingkup yang paling kecil yaitu tingkat prodi, prodi mensosialisasikan ke mahasiwa yang ingin ikut kegiatan lomba ini, kemudian tahapan seleksi ditingkat politani samarinda. Wakil Direktur III Bidang Kemahasiswaan Husmul Beze S.Hut.,M.Si. mengatakan  harapannya bahwa  Pilmapres ini bisa  melahirkan mahasiswa unggul,  yaitu memiliki kemampuan inovasi dan kreativitas. Yang paling penting akhlak yang baik sebagai modal untuk menumbuhkan jiwa pembelajaran  sepanjang hayat. Sebab tantangan di masa yang akan datang jauh lebih berat dan  tidak terprediksi. Ujarnya.  Lebih lanjut disampaikan  bahwa  banyak hal yang harus dipersiapkan untuk mengikuti kegiatan ini,  Semakin banyak prestasi yang dimiliki maka semakin besar pula point yang didapat. Mahasiswa berprestasi bukan saja  ia harus  pintar dalam bidang akademik, tapi mahasiswa juga cerdas dalam hal lain seperti kegiatan non-akademik, mampu membagi  waktu sebaik mungkin  sehingga prestasi baik  akademik dan non-akademik mampu berjalan seimbang dan menuai prestasi. (Humas/AL).