Mahasiswa/i Politeknik Pertanian Negeri Samarinda kembali mengukir prestasi yang sangat membanggakan dibidang akademik, pasalnya Enam (6) Proposal Mahasiswa dari Politeknik Pertanian Negeri Samarinda dinyatakan Lolos Pendanaan Ditjen pendidikan Vokasi tahun 2021, hal ini berdasarkan surat keputusan Direktorat Pendidikan Tinggi Vokasi dan Profesi nomor 1307/D3/KH.01.01/2021 tentang Pendanaan Program Wirausaha Mahasiswa Vokasi (PWMV) Tahun 2021.  Sebelumnya juga 3 proposal PKM dari  mahasiswa Politani  lolos untuk mendapatkan hibah. 

Proposal PMWV yang lolos tersebut mengangkat tema “Bicolife (Bio Converter for Life)”, “Campus Merch”, “Verco: Organic Waste Recovery”, “Mala Farm Aquaponik”, “Inovasi Ekonomi Mandiri Berbasis ilmu Terapan” dan “Bibit Pro Reka” dimana total pendanaan yang didapatkan adalah Rp. 124.000.000,-.  Sementara untuk PKM mengangkat tema “Formulasi Pupuk Kompos Kirinyuh (Cromolaena Odorata L.) Menggunakan Dekomposer Untuk Pembuatan Larva Black Soldier dan Limbah Pisang Kepok (Musa acuminate), ´Maggot Black Soldier Fly, Pengubah Sampah Organik Menjadi Rupiah, “Pembuatan Abon Ikan Menggunakan Ikan Grade Rendah (Grade III)” dengan total pendanaan yang diperoleh Rp. 22.541.000,-

Hamka S.TP.,M,.Sc M.P selaku Direktur Politani sangat mengapresiasi keberhasilan semua tim dan pendampingnya. “Ternyata Politani Bisa dan  luar biasa, ini bukti bahwa kemampuan mahasiswa Politani Samarinda tidak kalah dengan perguruan tinggi lain di Indonesia,  Mahasiswa mampu mengukir prestasi yang membanggakan hal ini tak luput dari kerja keras dan ketekunan belajar, tentunya berkat  semangat kerja keras dan adanya sinergi bersama  tim dosen pendamping  yang sudah membimbing dan mengarahkan  sehingga bisa mengantar mahasiswa/i tersebut berhasil lolos”.  Yang belum lolos tidak usah berkecil hati dan patah semangat, terus berusaha, coba dan coba lagi. Hamka berharap, munculnya beberapa prestasi dari mahasiswa di berbagai kejuaraan bisa memberikan semangat kepada mahasiswa lainnya untuk berprestasi. “Di bidang apapun prestasi mahasiswa, kita sebagai pengelola akan mengapresiasinya dan mendukungnya” dan harapan untuk mendudukkan Politani Samarinda sejajar dengan Politeknik ternama lainnya di Indonesia bisa tercapai dengan dukungan dari berbagai pihak ujarnya.  

Tak lupa Hamka  juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh tim yang telah membuat harum nama Kampus Politeknik Pertanian Negeri Samarinda di ajang nasional. ”Selaku Direktur Politani Samarinda mengucapkan selamat kepada semua tim dan terima kasih atas kerja kerasnya  mengukir prestasi  yang membanggakan dan mengharumkan nama Politeknik Pertanian Negeri Samarinda” pungkasnya. (Humas/AL).