Politeknik Pertanian Negeri Samarinda (Politani Samarinda) sebagai perguruan tinggi vokasi terus melakukan  terobosan untuk lebih mengembangkan diri sehingga Politani bisa memberikan peran dalam mencetak generasi yang mumpuni  dan memiliki kompetensi, untuk mewujudkan itu Politani Samarinda melakukan audiensi tidak tanggung-tanggung dengan Menteri Pertanian RI.  

Suatu kebanggaan tersendiri bagi pihak Politani Samarinda  dalam hal ini  Direktur  Hamka, S.TP.,M.Sc.,MP beserta pengelola lainnya Dr. Heriad Daud S.Hut.,MP (Pudir 1), Eva Nurmarini, S.Hut.,MP (Pudir II), Husmul Beze, S.Hut.,M.Si (Pudir III), Yulianto, S.Kom.,M.Kom (Pudir IV) dan KUPT Dr. Andi Lisnawati SP.,M.Si  bisa  melakukan kunjungan kerja ke Kantor  Kementerian Pertanian  Jl. Harsono di Jakarta.  

Dalam kunjungannya Direktur dan pengelola Politani Samarinda diterima secara langsung oleh  Menteri Pertanian   Bapak Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, SH.,MH.  Dan  beberapa dirjen yaitu dirjen perkebunan, dirjen hortikultura, staf ahli menteri, Prof. Iwan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, Prof. Dr. Ir. Dedi Nursyamsi, M.Agr di Kantor Kementerian Pertanian di Jakarta, Senin 19 April  2021.

Sementara itu Hamka selaku direktur  dalam sambutannya menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas kesediaan Bapak Menteri Pertanian meluangkan waktunya menerima rombongan dari Politani Samarinda sambil menjelaskan secara singkat profil Politani Samarinda dan menyampaikan beberapa hal terkait keinginan untuk bekerjasama dalam mendukung pengembangan pertanian  seperti Budidaya Kelapa Jenis Pandan Wangi untuk reklamasi tambang di Kaltim,  Selain itu harapan Hamka  pak menteri bisa  datang ke Kaltim  sebagai orator ilmiah pada Wisuda Politani Samarinda dan keynote speaker. dalam seminar nasional yang  menghadirkan para pejabat dan pemangku kepentingan untuk mendukung ketahanan pangan di Kaltim secagai calon IKN. 

Syahrul Yasin Limpo (SYL) dalam sambutannya menyampaikan akan mendukung apa yang ingin diupayakan oleh Politani,  kementerian pertanian akan selalu mengupayakan kerjasama dengan berbagai pihak seperti perguruan tinggi untuk mewujudkan pertanian sebagai pilar utama yang bisa menopang kesejahteraan kehidupan masyarakat,  penopang perekonomian nasional sehingga memang perlu dilakukan terobosan untuk    selalu menjaga kemandirian pangan apalagi Kaltim sebagai calon Ibu Kota Negara. Ujarnya.  SYL mengarahkan  untuk melakukan koordinasi dan kerjasama dalam pengembangan SDM  dengan Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian di bawah pimpinan Prof. Dedi Nursyamsi. (Humas/AL).