Dosen Politeknik Pertanian Negeri Samarinda bersama Fakultas Pertanian Universitas Nahdatul Ulama (UNU) Kaltim berkolaborasi, melakukan riset pembuatan pupuk kompos menggunakan Kulit Udang dan Limbah Hasil Pertanian kemudian mengaplikasikan pupuk tersebut di demplot penelitian  yang ditanami Tanaman Ubi Ungu di areal kampus SLB Samarinda Seberang.  

Tidak butuh waktu yang lama sejak penanaman awal, sekitar 4 bulan tanaman Ubi Ungu sudah bisa di panen dengan hasil yang luar biasa, ciri fisiknya ubinya besar-besar dan matang sempurna, karena media tanamnya cocok untuk pertumbuhan si Ubi Ungu ini.

Hadir dalam panen perdana ini yaitu Direktur Politeknik Pertanian Negeri Samarinda, Pudir III, Kepala P2M, Dekan Fakultas Teknik UNU Kaltim, beberapa Dosen BTP Politani  maupun dari UNU,  staf Humas,  serta mahasiswa yang ikut andil dalam kegiatan penelitian ini. 

Direktur Politani Samarinda, Hamka dalam sambutannya sangat  mengapresiasi hasil kerja dari dosen peneliti Politani yaitu Rusmini SP.,M.Si bersama  Daryono,SP.,M.Si  dan dosen UNU yang selalu melakukan riset dan mengaplikasikan riset itu pada tanaman yang pada hari ini siap dipanen, ujarnya.  “Alhamdulillah pupuk organic ini sangat cocok untuk tanaman ubi jalar ungu, karena  umbi yang dihasilkan luar biasa besar,” ungkap Hamka usai panen perdana ubi jalar ungu tersebut.  Hamka juga menjelaskan bahwa pupuk organik dari kulit udang itu sudah dipatenkan.  Sementara yang sekarang sedang pengajuan adalah pupuk kompos kulit udang kombinasi limbah pertanian  seperti  kulit kacang tanah, limbah batang pisang dan jerami. Harapan Hamka bahwa pupuk ini bisa diaplikasikan juga untuk tanaman lainnya sehingga membantu para petani meningkatkan produktivitas usahanya.  Apalagi sebentar lagi Kaltim akan menjadi IKN (Ibu kota Negara) Politani  siap memberikan kontribusi untuk pengembangan dan penelitian bagi IKN,”  memberikan kontribusi sebagai kawasan penyangga pangan untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat Ibu Kota Negara baru di Kalimantan Timur. 

Sementara itu Dr. Purbawati, ST.,MT selaku Dekan Fakultas Teknik UNU menyampaikan apresiasi juga adanya Panen Perdana yang merupakan hasil kolaborasi penelitian dua perguruan tinggi ini, penelitian ini salah satu bentuk realisasi kerjasama fakultas teknik UNU Kaltim dan Politani Samarinda, harapannya bukan cuman prodi teknik saja yang terlibat tapi prodi lain juga bisa terlibat melakukan kerjasama dan pengembangan lebih lanjut. Ujarnya. (Humas/AL).