Direktur Politeknik Pertanian Negeri Samarinda (Politani Samarinda) Hamka, S.TP.,M.Sc.,M.P., kembali mendatangani Memorandum of Understanding (MoU) bersama Kepala Balai Pengkajian Tanaman Pertanian (BPTP) Kaltim  yang baru dilantik Dr. Fauziah T. Lahja,  di Aula BPTP Balitbangtan Kaltim (08/04/2021).  MoU ini menyepakati terbentuknya sinergi bersama untuk membangun dan memajukan pertanian di Bumi Kalimantan Timur.

Kegiatan yang  dilaksanakan oleh BPTP Balitbangtan Kaltim dirangkai dengan Temu  Teknis antar Penyuluh, Peneliti Balitbangtan dengan para penyuluh daerah dengan mengangkat Tema “BPTP Kaltim Sinergi Membangun Pertanian Kalimantan Timur” melalui media daring dan luring dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Beberapa perguruan tinggi dan sekolah menengah kejuruan yang ada di Samarinda turut   hadir  dan sepakat menandatangani MoU dengan BPTP Kalimantan Timur  yaitu  Politeknik Pertanian Negeri Samarinda, Fakultas Pertanian Unmul, Fakultas Pertanian Univ.Widyagama, Fakultas Pertanian Untag, Fakultas Pertanian Unikarta,  SMKN 5 Samarinda, SMKN 9 Samarinda dan SMKN 19 Samarinda.

Untuk membangun dan memajukan pertanian di Kalimantan Timur perlu dukungan dari berbagai pihak atau stakeholder.  BPTP tidak bisa sendiri tapi perlu  kerjasama atau bersinergi dengan banyak pihak, termasuk menggandeng perguruan tinggi, SMK, maupun instansi yang terkait ujar  Kepala BPTP  Fauziah  dalam sambutannya. Diharapkan dengan adanya kolaborasi dan sinergitas ini bisa meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia khususnya para  generasi tani yang maju, serta modern. Pungkasnya.

Diakhir acara dilakukan  kegiatan panen raya  berbagai hasil pertanian yang dikembangkan oleh BPTP seperti  sayuran  hidroponik, dan rambutan peserta sangat antusias memanen sayur dan buah  yang diberikan secara gratis. (Humas/AL).