Politeknik Pertanian Negeri Samarinda melalui lembaga P2Mnya menyelenggarakan Pelatihan Penulisan Proposal dan Penulisan Jurnal Internasional yang dilaksanakan di Hotel Grand Kartika, Samarinda Kalimantan Timur. Kegiatan ini berlangsung  selama sehari diikuti oleh peserta sebanyak kurang lebih 300 orang dosen dari PTN dan PTS di seluruh wilayah Indonesia, pelaksanaan kegiatan dilakukan secara luring dan daring menggunakan aplikasi Zoom meeting.

Kegiatan Pelatihan Penulisan Proposal dan Penulisan Jurnal Internasional ini dibuka secara resmi oleh bapak Direktur Politeknik Pertanian Negeri Samarinda  Hamka S.TP.,M.Sc.,M.P. dengan menghadirkan narasumber yang sangat kompeten Prof. Enos Tangke Arung, Ph.D.  seorang dosen dari Universitas Mulawarman yang telah berpengalaman dalam meneliti dan menulis jurnal  dan telah menerbitkan tulisannya di Jurnal nasional dan  Internasional, seorang peraih Ristedikti-MTIC Award juga sebagai  reviewer pada jurnal bereputasi.

Ketua LP2M Rudito, S.TP.,MP menyampaikan dalam sambutannya bahwa tujuan terselenggaranya kegiatan ini adalah untuk memberikan wawasan, tips dan trik menulis sehingga bisa lolos hibah dan memotivasi dosen agar selalu melakukan penulisan proposal penelitian, dan mempublikasikan hasil penelitian tersebut. Disampaikan juga bahwa pelatihan ini awalnya hanya diperuntukkan untuk internal Politani, namun karena tingginya animo dari masyarakat di seluruh wilayah Indonesia dengan hadirnya narasumber yang kompeten, maka dibuka untuk umum dan dilaksanakan secara online dan offline menggunakan aplikasi zoom meeting, terangnya. 

Dalam kesempatan yang sama Direktur Politani Hamka S.TP.,M.Sc.,M.P. sangat mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan pelatihan ini. “Terima kasih kepada lembaga P2M yang telah menggelar acara ini, semoga acara ini dapat meningkatkan pemahaman kita dalam menulis proposal penelitian dan jurnal baik nasional dan Internasional yang bereputasi sebagai bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi,  semoga ini menjadi momentum untuk meningkatkan publikasi kita dan menjadi kegiatan yang bisa memajukan Politani Samarinda. ujarnya

Prof. Enos yang memiliki banyak pengalaman dalam menerima  bantuan dan melakukan penelitian dari berbagai daerah dalam maupun luar negeri, memaparkan bahwa  penelitian merupakan salah satu dari Tri Dharma Perguruan Tinggi  dan  kegiatan paling utama di Perguruan Tinggi, dari hasil penelitian kita bisa melakukan pengajaran dan pendidikan, menulis buku serta pengabdian pada masyarakat, Banyak apresiasi yang diberikan jika kita mau meneliti dan menulis, dengan meneliti kemampuan kita akan lebih terasa, membangun track record peneliti, sangat penting buat institusi/lembaga dalam akreditasi maupun pengabdian. Ungkapnya. Lebih lanjut dipaparkan lagi bahwa  Publikasi di jurnal nasional terakreditasi maupun internasional bereputasi merupakan alat untuk membangun reputasi individu dosen dan perguruan tinggi  tempatnya mengabdi. 

Ada beberapa kiat-kiat pembuatan proposal yang disampaikan oleh Prof. Enos yaitu 1). Buat road map riset, 2) Studi pendahuluan, 3) Mencari mitra riset, 4) Banyak membaca artikel terkait riset yang dilakukan 5) Perhatikan kriteria skema, 6) Perhatikan sistematika usulan. Ungkapnya.

Sementara untuk penulisan jurnal Internasional, narasumber menyampaikan agar berhati-hati dalam memilih jurnal, jangan lupa cek nama jurnalnya di Scimago Journal Rank (SJR) atau di DOAJ terlebih dahulu apakah terdaftar atau tidak. Jurnal internasional yang sudah dijamin bereputasi hanya akan terindeks dibeberapa database kredibel, namun Jika jurnal yang dibuat belum masuk ke jurnal yang bereputasi, maka jangan patah semangat. Tetap lanjutkan perjuangan dan lakukan  perbaikan lagi, harapannya bahwa setelah kegiatan pelatihan seperti ini jumlah dosen menulis proposal penelitian dan penulisan jurnal   meningkat lagi, pungkasnya.  (Humas/AL).