Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P2M) Politeknik Pertanian Negeri  Samarinda  menyelenggarakan Sosialisasi Penelitian dan Pengabdian bagi dosen di lingkungan Politani Samarinda selama sehari  yaitu tanggal 16 Maret 2021 di ruang  rapat lantai 3 rektorat Politani Samarinda Kalimantan Timur.  

Hadir Direktur Politani Samarinda Hamka S.TP.,M.Sc.,M.P,  Pembantu Direktur 1, 2, 3 dan 4, Ketua Jurusan Teknologi Pertanian, Ketua Jurusan Manajemen Pertanian, Ketua dan sekretaris  P2M, KUPT Humas, Koordinator Prodi dan Dosen, Pelaksanaan kegiatan dengan metode luring dan daring (zoom meeting) dengan tetap menerapkan protocol kesehatan.

Sosialisasi yang dibuka  secara resmi oleh Direktur Politani (Hamka S.TP.,M.Sc.,MP.)  sekaligus Launching System Penelitian dan Pengabdian serta Program P2M tahun 2021.  Hamka menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada pembantu direktur 1 dan lembaga P2M Politani yang telah menggagas kegiatan ini dan telah bekerja keras untuk memajukan lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat dan ini merupakan bentuk peningkatan atau kemajuan yang diinginkan,  Kemajuan-kemajuan yang dimiliki oleh P2M saat ini yaitu telah memiliki Sentra Haki yang telah bekerjasama dengan Kemenkumham Kaltim untuk perlindungan kekayaan intelektual (Paten), P2M juga telah memiliki web sendiri dimana di dalamnya banyak informasi program kegiatan P2M, Buletin Poltanesa yang telah lama vakum  sudah diaktifkan kembali.  Selanjutnya disampaikan bahwa tahun 2021 Politani mengalokasikan anggaran sebesar Rp.700.000.000,- untuk penelitian dan pengabdian, bantuan dana keikutsertaan pelaksanaan seminar baik berskala nasional maupun internasional,  hal ini sebagai bentuk pelayanan yang diberikan kepada dosen maupun tenaga kependidikan lainnya untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas publikasi. terangnya

Selanjutnya, Rudito, S.TP.,MP. selaku Ketua P2M menyampaikan terima kasih kepada pengelola yang selalu berkomitmen untuk memberikan support bagi pengembangan P2M dan juga apresiasi kepada tim P2M yang berjiwa muda penuh semangat dan kreatifitas  membawa banyak perubahan bagi lembaga ini. Ujarnya lebih lanjut disampaikan  bahwa sosialisasi yang dilakukan ini  memiliki beberapa tujuan. Di antaranya, untuk memaparkan program-program yang akan dilakukan oleh P2M, memperkenalkan system penelitian  dan pengabdian yang telah dimiliki oleh termasuk web dan fitur-fitur yang dimiliki, dengan adanya system yang baru dimiliki ini, diharapkan mampu meningkatkan produktivitas penelitian dan pengabdian dan juga diharapkan  meningkatkan hak kekayaan intelektual (HKI) yang didaftarkan. ujarnya

Sekertaris P2M Reza Andrea,S.Kom.,M.Kom. yang juga bertindak sebagai narasumber memaparkan secara teknis tentang system yang dimiliki P2M Politani,  bahwa segala bentuk penelitian dan pengabdian  di Politani Samarinda mulai tahun 2021 ini semuanya  sudah onlainekan di system P2M yaitu dengan membuka s.id/p2mpoltanesa, dalam web itu banyak fitur-fitur yang  memudahkan dosen untuk mendapatkan informasi  seperti  sentra KI untuk pengurusan hak cipta dan paten, bantuan insentif dan publikasi, pengajuan insentif penerbitan buku, penelitian dan pengabdian serta  informasi  terkait jadwal kegiatan yang akan dilakukan oleh P2M tahun 2021.  Semoga hadirnya web milik P2M ini  dosen yang membutuhkan informasi terkait penelitian dan pengabdian akan lebih mudah dan bisa mengakses  kapan saja dan dimana saja. Pungkasnya. 

Setelah pemaparan materi sosialisasi  selesai, acara dilanjutkan dengan kegiatan tanya jawab,  terdapat beberapa orang peserta yang sangat antusias dalam mengajukan pertanyaan seputar program pelaksanaan penelitian dan pengabdian,  fitur-fitur dalam  system P2M, bantuan dana peneltian dll.  (Humas/AL).