Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud RI) dalam hal ini Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), bapak Nadiem Anwar Makarim  memberikan apresiasi kepada semua pihak di lingkungan Kemendikbud, melalui Penganugerahan Penghargaan Mendikbud  Kepada Unit Kerja/Satuan Kerja dengan SAKIP (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah) dan Nilai Kinerja Anggaran (NKA) TA 2020.   

Politani Samarinda sebagai salah satu Perguruan Tinggi Negeri  Satuan Kerja berhasil meraih terbaik ketiga pada penganugerahan Penghargaan Implementasi SAKIP dan Nilai Kinerja Anggaran TA 2020 secara Daring, pada hari Selasa (23/2/2021). Politani Samarinda berhasil  meraih terbaik ketiga dengan nilai 98,35 predikat sangat baik pada kategori Nilai Kinerja Anggaran Tahun 2020.   Sementara untuk posisi pertama dan kedua kinerja anggaran terbaik diraih oleh Politeknik Negeri Banjarmasin dengan nilai 98,90 predikat sangat baik dan Politeknik Negeri Batam sebagai terbaik kedua dengan nilai 98,73 predikat sangat baik. 

Dalam acara tersebut, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Nadiem Anwar Makariem turut mengapresiasi kinerja seluruh Satuan Unit di Kementeriannya. Beliau menyampaikan “selamat dan terima kasih kepada seluruh pihak yang  telah memperlihatkan kemampuannya dalam melaksanakan, mengelola, dan mengatur keuangan secara efektif dan efisien sesuai dengan ketentuan, dan hendaknya Prestasi yang telah dicapai pada tahun 2020, dapat menjadi pengingat untuk kita semua untuk terus meningkatkan tata kelola pendidikan dan kebudayaan yang partisipatif, transparan dan akuntabel sebagaimana yang tertulis dalam dokumen perencanaan strategis” ungkap Nadiem.

Direktur Politeknik Pertanian Negeri Samarinda (Politani Samarinda), Hamka S.TP.,M.Sc.,MP.  menyampaikan rasa syukur atas kinerja anggaran yang diperoleh oleh Politani Samarinda, penghargaan ini membuktikan bahwa Politani Samarinda sebagai salah satu Perguruan Tinggi yang memiliki sistem pengelolaan kerja  baik, transparan dan akuntabel. Ujarnya. 

Lebih lanjut, Hamka  menyampaikan penghargaan yang Politani Samarinda terima  ini berkat kerja keras, kerja bersama dan koordinasi yang baik dengan berbagai pihak dan patut menjadi acuan atau pijakan agar Politani Samarinda  bisa terus melakukan  kinerja yang terbaik  baik dalam hal penganggaran maupun untuk  prestasi dan inovasi lainnya, sehingga Politani Samarinda bisa menjadi kampus yang lebih dikenal luas dan bisa sejajar dengan kampus-kampus terbaik lainnya di Indonesia.

Sementara itu, Pembantu Direktur II  Bidang Umum,  Keuangan  dan Kepegawaian  Politani Samarinda  Eva Nurmarini S.Hut.,MP., menyampaikan bahwa kinerja bagian keuangan melakukan   pelaporan  yang selalu tepat waktu, meminimalisir kesalahan dalam proses penginputan data-data keuangan, melakukan efisiensi pelaksanaan anggaran, efektifitas kegiatan, konsistensi penyerapan anggaran terhadap perencanaan dan penyerapan anggaran itu sendiri, serta pengelolaan keuangan yang menerapkan penggunaan aplikasi seperti SIRENBAJA (Sistem Perencanaan Barang dan Jasa), SAKTI (Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi), SIMPROKA (Sistem Informasi Manajemen Program, Kegiatan, dan Anggaran) dll,  sehingga semuanya itu memberikan kemudahan dalam pengawasan, evaluasi  dan pelaporan. Pungkas Eva.  (Humas/AL).