Dinas Perkebunan (Disbun) Kaltim yang diwakili oleh Sekretaris  Disbun Ir. Henny Herdiyanto, MP  dan staf mengadakan kunjungan ke Kampus Politeknik Pertanian Negeri Samarinda, Senin (16/2/2021).  sekaligus hadir sebagai narasumber dalam acara santiaji yang dilaksanakan oleh program studi Pengelolaan Perkebunan, hadirnya disbun dalam kegiatan santiaji ini adalah untuk memberikan bekal dan masukan buat mahasiswa yang akan melakukan magang industry dibeberapa lokasi baik di Kaltim maupun di luar Kaltim serta berbagi informasi dan pengalaman kerja Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur.

Banyak hal yang disampaikan oleh Ir. Henny dalam pemaparannya dengan judul “Perencanaan Perkebunan Berkelanjutan Provinsi Kaltim” didepan 76 mahasiswa yang  siap melaksanakan magang industry.  Dalam paparannya menjelaskan bahwa sector perkebunan masih merupakan primadona yang sulit untuk tergantikan, banyak masyarakat Indonesia yang menggantungkan hidup dan penghidupannya pada sector ini, banyak strategi yang perlu dilakukan untuk tetap mengupayakan pembangunan perkebunan secara berkelanjutan diantaranya adalah penguatan kelembagaan pekebun, penilaian  dan pembinaan usaha perkebunan dan ISPO, mendorong kemitraan usaha yang sehat, penerapan IMAN KARLABUN (iniasitif Model Kemitraan Pengendalian Kebakaran Lahan Perkebunan), pengeloaan data spasial dan peningkatan nilai tambah produk.  Untuk membangun perkebunan yang berkelanjutan sangat  diperlukan  kolaborasi untuk mengintegrasikan  program atau kegiatan,  keterlibatan  berbagai pihak atau OPD yang terkait, pihak pelaku usaha.  Jelasnya

Setelah memberikan pemaparan di kelas, Ir. Henny kemudian dan staf serta pengelola Politani berkesempatan mengelilingi area Politani untuk melihat sarana dan prasarana yang dimiliki Politani seperti area lahan politani ± 30 Ha, kebun percontohan, persemaian, laboratorium serta pabrik mini kelapa sawit yang ada di prodi Teknologi Hasil Perkebunan. Ke depannya kita akan banyak bersinergi untuk bersama membangun SDM kaltim terutama bersinergi membangun perkebunan secara berkelanjutan. Ungkapnya.

Sri Ngapiatun selaku Korprodi mengatakan bahwa Magang Industri untuk semester genap tahun 2021 untuk Prodi Pengelolaan Perkebun  ini tersebar di beberapa perusahaan sawit  seperti PT. Tri Tunggal Sentra Buana Badak, PT. Alam Jaya Persada (AJP) Samboja, pengelolaan kelapa sawit Derawan oil milik PT. SKJ (Sentosa Kalimantan Jaya), PT. SKL di Maktoman, PT. Budi Duta Agro Makmur di Jahab, beberapa  perkebunan plasma dan masih banyak perusahaan dan instansi lainnya. 

Pemberangkatan Magang Industri untuk Tahun  2021 ini sama dengan tahun sebelumnya, tidak ada pengantaran mahasiswa ke lokasi oleh dosen pembimbing lapangan, kali ini mahasiswa akan berangkat sendiri tanpa didampingi, tapi  kemungkinan pada pertengahan mahasiswa magang  akan ada supervisi oleh dosen pembimbing ke lokasi untuk melihat, mengetahui dan mendapatkan informasi dari perusahaan tentang kinerja mahasiswa di lapangan, diharapkan dari kegiatan supervisi ini akan mendapatkan feed back yang baik untuk memperbaiki mutu pembelajaran di kampus. (Humas/AL)