Samarinda.  Apresiasi kepada pegawai yang telah menyelesaikan pengabdiannya maupun pemberian tanda kehormatan, sebagai upaya menghargai dedikasi dan pengabdian para dosen, tenaga kependidikan dan administrasi, merupakan hal yang kerap dilakukan oleh  Politeknik Pertanian Negeri Samarinda. Seperti tergambar dalam seremoni pelepasan purna tugas atau purna bhakti  serta penyerahan tanda kehormatan satyalancana karya satya 20 dan 30 tahun di lingkungan Politeknik Pertanian Negeri Samarinda tahun 2021 yang dilaksanakan pada Selasa (19/01/2021) bertempat di Auditorium Gedung Serbaguna Politani Samarinda. Pelaksanaan seremoni ini dilakukan dengan tetap menerapkan protocol kesehatan untuk menekan penyebaran covid-19. Pada kesempatan tersebut, turut hadir Direktur Politani Samarinda Hamka S.TP.,M.Sc.,MP. Pembantu Direktur 1, 2 dan 4.  Ketua Jurusan, Pejabat Fungsional Analis Kepegawaian, Kepala Sub Bagian Tata Usaha, KUPT Humas dan pejabat terkait lainnya. 

Sebanyak 2 orang yang dilepas karena telah sampai masa bhakti pengabdiannya yaitu bapak Ribut dan H. Wahid, sementara pegawai yang menerima tanda kehormatan satyalancana sebanyak 19 orang terdiri dari 3 orang dosen, 7 orang tenaga kependidikan dan 9 orang administrasi.  Piagam Tanda Kehormatan Satyalencana dengan masa bakti dua puluh tahun diberikan kepada delapan (8)  orang pegawai,  Piagam Tanda Kehormatan Satyalencana tiga  puluh tahun diberikan kepada sebelas (11) pegawai.

Penghargaan Satyalancana Karya Satya diberikan oleh Pemerintah kepada Pegawai Negeri Sipil yang telah bekerja dengan penuh kesetiaan kepada Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara dan Pemerintah, serta pengabdian, kejujuran, kecakapan, dan disiplin yang baik selama 10 tahun, 20 tahun, atau 30 tahun, sehingga dapat dijadikan teladan bagi setiap pegawai lainnya.

Pada kesempatan tersebut, Hamka selaku Direktur Politani dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada purna tugas, karena berhasil menyelesaikan pengabdian di Politani Samarinda sampai batas pensiun. Hamka mengatakan bahwa para pegawai yang sampai pada titik pelepasan purna tugas merupakan sebuah nikmat yang harus disyukuri dan semoga jalinan silaturahmi dengan Politani tetap terjalin.  Hamka juga menyampaikan permohonan maaf dari pengelola apabila selama ini masih banyak kekurangan dalam memberikan pelayanan. “Atas nama Politani Samarinda kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas pengabdiannya selama ini, dalam ikut memajukan Politani. Begitupun bagi pegawai yang diberikan  penghargaan satya lancana diharapkan dapat menumbuhkan kebanggaan, sikap keteladanan, semangat juang dan motivasi untuk terus berkarya dan memberikan kontribusi positif kepada Politani Samarinda, tetap semangat dan menunjukkan kinerja yang lebih baik demi kemajuan Politani Samarinda  khususnya dan meningkatkan dharmabakti kepada bangsa dan negara Republik Indonesia. Ujar Hamka.

Acara penyerahan tanda kehormatan tersebut ditutup dengan prosesi foto bersama oleh seluruh pegawai penerima penghargaan.  (Humas/AL).