Samarinda. Politani Samarinda telah mengadakan kegiatan “Rapat Kerja Evaluasi Capaian Kinerja Tahun 2020 dan Penyusunan Program Kerja untuk Tahun 2021” yang bertempat di Hotel Grand Kartika, Samarinda (8/12/2020). Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk melakukan evaluasi ketercapaian program kerja tahun 2020 serta menyusun rencana program kerja tahun 2021 untuk masing-masing unit terkait.
Pelaksanaan program Politeknik Pertanian Negeri Samarinda Tahun 2020 dibahas dan dievaluasi dalam rapat  evaluasi Tahun 2020, banyak hal yang telah dilakukan dan berhasil dicapai Politani Tahun 2020 ini, baik dibidang akademik, keuangan, kemahasiswaan, kerjasama dan kehumasan.  Begitupun kinerja di kedua jurusan yang ada di Politani yaitu jurusan Teknologi Pertanian dan Jurusan Manajemen Pertanian yang membawahi beberapa program studi.  Pada rapat kerja tersebut juga dilakukan evaluasi Program Kerja 2020 dan perencanaan Program Kerja 2021. Rapat tersebut dihadiri oleh Pimpinan Politani Direktur, Pudir 1, Pudir 2, Pudir3, Pudir 4, Ketua jurusan, Kabag dan Kasubag, Ketua Humas, SPMI, SPI, P2M, Koordinator Prodi, serta KUPT yang ada di Politani dan komponen pengelola lainnya. Hadir sebagai narasumber yang bisa memberikan masukan dan sharing untuk pengembangan Politani ke depannya adalah Prof. Dr. Bernatal Saragih, SP.,M.Si. di Hotel Grand Kartika.
Evaluasi ini bertujuan untuk melihat tingkat keberhasilan pengelolaan kegiatan, yang dilakukan oleh masing-masing unit,  mengkaji  hasil yang diperoleh serta permasalahan-permasalahan yang muncul, untuk selanjutnya menjadi bahan evaluasi kinerja program dan kegiatan selanjutnya.
Direktur Politani, Hamka, S.TP.,M.Sc.,MP.  hadir memberikan sambutan dan arahan, serta penjelasan secara rinci mengenai upaya yang telah dilakukan dan keberhasilan yang telah diraih oleh Politani, Hamka berharap bahwa kinerja untuk terus memajukan Politani Samarinda tidak kendor tapi terus berupaya meningkatkan semangat untuk terus berkarya, bekerjasama serta bersinergi untuk kemajuan Politani, dalam paparannya Hamka menyebutkan beberapa raihan yang telah dicapai oleh Politani seperti Akreditasi yang sudah naik dari C menjadi Baik Sekali (B), ini merupakan pencapaian luar biasa, setelah 8 tahun kita menunggu dan berupaya akhirnya usaha yang dilakukan oleh tim akreditasi membuahkan hasil yang membanggakan, ini berkat kinerja dan kerjasama antar unit yang selalu terbangun  untuk membuat Politani bisa berubah, web politani juga menurut webometric, kunjungan webnya berada di rengking 307 dari 755, belum lagi beberapa aplikasi yang berhasil diraih oleh dosen dan mahasiswa kita yang bisa membuat nama politani semakin dikenal, kemudian Politani telah mendapatkan lahan seluas 30 Ha dari hibah Pemrov Kaltim, yang sangat berguna bagi pengembangan pembelajaran  ujarnya.
Sementara  itu Prof. Bernatal dalam pemaparannya menjelaskan tentang Pangan di daerah Kaltim, bagaimana perubahan perilaku anak muda dalam mengkomsumsi pangan, bagaimana pengembangan industry pangan local, menurutnya potensi pangan local di Kaltim sangat tinggi dan masih banyak hanya saja belum ter- ekspos.  Adapun strategi peningkatan ketahanan pangan yang bisa dilakukan menurutnya.  1) peningkatan kapasitas produksi, 2) diversifikasi pangan local, 3) pembuatan cadangan dan system logistic pangan, Politani Samarinda sebagai salah satu peguruan tinggi di Kaltim bisa memberikan konstribusi   dalam pengembangan dan  ketersediaan pangan yang berkelanjutan.  Ujarnya. (Humas/AL).