Politeknik Pertanian Negeri Samarinda melalui P2M menyelenggarakan Pelatihan Teknik Penulisan Jurnal Ilmiah Terakreditasi Sinta yang dilaksanakan di ruang rapat lantai 3 Politani Samarinda  Kalimantan Timur. Kegiatan ini berlangsung  selama sehari diikuti oleh dosen dalam lingkup Politani.  Pelaksanaan kegiatan dilakukan secara luring dan daring menggunakan aplikasi zoom meeting.

Kegiatan Pelatihan Teknik Penulisan Jurnal Terakreditasi   Sinta ini dibuka secara resmi oleh bapak Pembantu Direktur I Politeknik Pertanian Negeri Samarinda  Dr. Heriad Daud Salusu S.Hut.,M.P.  dengan menghadirkan narasumber bapak  Prof. Dr. Yuli Witono, S.TP.,MP.  seorang dosen dari Universitas Jember, yang telah berpengalaman dalam menulis artikel dan telah menerbitkan beberapa tulisannya di Jurnal nasional dan  Internasional, juga sebagai  editorial board dan reviewer pada jurnal bereputasi.

Tujuan terselenggaranya kegiatan ini adalah untuk membangkitkan motivasi  dosen untuk mempublikasikan artikel pada jurnal-jurnal yang terakreditasi, memotivasi  pentingnya publikasi ilmiah  serta menulis jurnal bagi dosen, karena  keberadaan artikel ilmiah pada jurnal yang terakreditasi Sinta  sangat diperlukan untuk menunjang sebuah perguruan tinggi semakin tinggi jumlah publikasinya. Hanya saja permasalahan yang banyak dihadapi dan dialami adalah masih kurangnya publikasi dosen dalam jurnal yang terakreditasi dan yang bereputasi,  faktor yang mempengaruhi antara lain belum semua dosen terlatih dalam penulisan draft naskah jurnal baik nasional maupun internasional, kemampuan berbahasa Inggris juga menjadi kendala yang paling banyak dirasakan para dosen.  Kurangnya penguasaan teknologi, Kendala lain adalah ketersediaan waktu yang sedikit untuk menulis dan melakukan riset, sebab ada beban kerja yang tinggi, yakni waktu sangat tersita untuk mengajar dengan jumlah mahasiswa yang banyak, membimbing tugas akhir, membimbing magang, melakukan pekerjaan administrasi hingga tugas-tugas struktural.

Prof. Yuli dalam paparannya  menjelaskan  bahwa  menulis itu suatu hal yang sangat penting dilakukan karena dengan menulis   kemampuan kita akan ter-asa, terbentuk daya juang  kepuasaan dan kebanggaan sebagai scientists, meningkatkan budaya literasi dan intelektualitas, Publikasi di jurnal  nasional maupun internasional yang terakreditasi merupakan alat untuk membangun reputasi individu dosen dan perguruan tinggi  tempatnya mengabdi. Publikasi ilmiah dalam bentuk jurnal adalah salah satu jantung dari sebuah perguruan tinggi. Tanpa itu, lanjutnya, perguruan tinggi tak akan memiliki gaung atau arti dan ini memang merupakan tuntutan di era industry 4.0. Ujarnya.

Lebih lanjut Narasumber menjelaskan  bahwa dalam menulis jurnal kita harus memahami tahapan-tahapannya, mulai dari persiapan penulisan, petunjuk penulisan yang harus disesuaikan dengan jurnal sasaran, bagaimana format penulisannya (guideline) yang harus disesuaikan, dengan banyak melihat artikel-artikel yang sudah pernah diterbitkan. Kemudian penyusunan jurnal sesuai format umum artikel yaitu Judul, abstrak, pendahuluan, bahan dan metode, hasil dan pembahasan, kesimpulan dan daftar pustaka.  Semuanya harus disesuaikan, Jangan lupa ucapan terima kasih kepada pihak telah membantu penelitian dan pihak yang memberi dukungan  pendanaan harus disebutkan.  Dan harapannya bahwa setelah  kegiatan pelatihan seperti ini diharapkan jumlah dosen menulis jurnal lebih meningkat lagi  pungkasnya. (Humas/AL).