Direktur Politeknik Pertanian Negeri Samarinda Hamka, S.TP.,M.Sc., MP., beserta jajarannya  Senin (15/11/2020)) hadir memenuhi undangan Direktorat Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri (Mitras Dudi), Direktorat Jendral Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam acara Diskusi Kelompok Terpumpun (DKT). Kegiatan DKT ini digelar di Swiss-belHotel Ocean Square Balikpapan Kalimantan Timur selama 3 hari yaitu mulai tanggal 15 s/d 17 November 2020.  

Tema yang diangkat dalam Diskusi Kelompok terpumpun LIMA MENARA ini adalah ‘Memperkuat Arah Kebijakan Pendidikan Vokasi”. Acara yang  dibuka langsung oleh Direktorat Jenderal Vokasi Bapak Wikan Sakarinto, S.T., M.Sc., Ph.D. secara virtual dan dihadiri Wakil Gubernur Kalimantan Timur Bapak H. Hadi Mulyadi, S.Si., M.Si, Walikota Balikpapan H.M Rizal Effendi S.E., Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Prov. Kaltim Bapak Anwar Sanusi, M.Pd beserta jajaran pemerintah lainnya.  Juga  menghadirkan banyak pihak antara lain   PT. United Tractor, PT. Pama, PT. Castle Production, PT. Komatsu Raimanufakturing Asia, Telkom Digital Innovation Lounge Balikpapan, CV. Sakinah gallery “Batik Kuntul Perak” Bontang,  Politani Samarinda, Poltekba Balikpapan, lembaga kursus  dan SMK yang ada di wilayah Kalimantan Timur. 

Direktur Mitras DUDI Ditjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud  Dr Ahmad Saufi menyampaikan  bahwa kegiatan ini merupakan salah satu upaya mempertemukan dan menyelaraskan dunia pendidikan sebagai dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI). Diskusi terpumpun ini sengaja dilakukan oleh Mitras Dudi  untuk  mendorong terwujudnya Link and Match antara Satuan Pendidikan Vokasi dengan Industri, Dunia Usaha dan Dunia Kerja (IDUKA) yang pada akhirnya akan mendukung pertumbuhan ekosistem ekonomi daerah. Ujarnya.

Dalam Kesempatan Ini Juga dilaksanakan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) sebagai bentuk perjanjian bersama antara kedua belah pihak sesuai dengan tugas dan tanggungjawab masing-masing,  dalam hal ini kerjasama pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DuDI), pihak perusahaan dengan perguruan tinggi  dan SMK. Dalam hal ini Politani Samarinda dengan Telkom Digital Innovation Lounge (DIlo) Balikpapan. 

Hamka S.TP.,M.Sc.,MP. selaku direktur Politani memberikan kenang-kenangan berupa plakat kepada direktur Mitras Dudi bapak Dr Ahmad Sau’fi dan kepada direktur DIlo bapak Istia Budi, sambil berkata Politani Samarinda sebagai salah satu pendidikan vokasi di Wilayah Kalimantan Timur siap berkontribusi, bersinergi bersama menghasilkan lulusan yang siap kerja.  

Politani Samarinda selain hadir mengikuti diskusi terpumpun juga ikut memeriahkan kegiatan tersebut dengan menghadirkan pameran  hasil karya kreatifitas dan inovasi dari mahasiswa dan dosen seperti smart farming, aplikasi X-ray untuk mengidentifikasi covid-19, aplikasi antrian online, behambinan, smart thermal, tas kerajinan dari serat kenaf, berbagai anyaman dari rotan, VCO, Minyak atsiri, Minyak kemiri, Abon jantung pisang, sabun aroma terapi, Asap cair grade 1, 2, dan 3, pupuk, bibit serta hidroponik tanaman pagoda dan strawberry.  Yang   menarik dan banyak dikunjungi oleh tamu adalah system hidroponik yang dibuat dilengkapi dengan alat humidifier yang bisa memberikan kesejukan dan kelembaban bagi tanaman sehingga tanaman tersebut tetap segar, system hidroponik ini juga sudah dilengkapi dengan alat yang bisa mendeteksi atau mengontrol pH, kelembaban, suhu, serta nutrisi.  (Humas/AL)