Politeknik Pertanian Negeri  (Politani) Samarinda telah  menyelenggarakan Pelatihan pembuatan Modul E-Learning  bagi dosen di lingkungan Politani,   Kegiatan ini berlangsung  selama 3 hari  dimulai  tanggal 9 s/d 11 November 2020.  Kegiatan yang berlangsung dengan metode luring dan daring, untuk perwakilan dosen dari setiap program studi dilaksanakan di ruang rapat lantai 3 Politani Samarinda  Kalimantan Timur,  sedangkan untuk dosen yang lain mengikuti melalui zoom meeting.  Pelatihan ini  dibuka secara resmi oleh bapak Pembantu Direktur  I  Bidang Akademik  Dr. Heriad Daud Salusu, S.Hut.,MP.  dengan menghadirkan narasumber Muslimin B. S.Kom. M.Cs dan  Annafi Franz, S.Kom.,M.Kom.  dosen   dari prodi TRPL (Teknik Rekayasa Perangkat Lunak)  Politani Samarinda.  

Dalam sambutannya Heriad Daud memaparkan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada dosen tentang E-learning, apa itu e-learning, bagaimana membuat e-learning.  Ini merupakan cara kita mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi untuk menunjang pembelajaran, sehingga Bidang Akademik dibantu oleh tim IT  mengadakan pelatihan E-learning bagi dosen di Politani.  E-Learning Politani  adalah sistem pembelajaran on-line terpadu menggunakan LMS (Learning Management System) Moodle. Ujarnya.

Hari pertama diisi  oleh bapak Muslimin B. S.Kom.M.Cs.  yang menjelaskan tentang aplikasi  Learning Management System  yakni pembuatan akun e-learning, dan login awal memulai menggunakan aplikasi, mengisi dan merubah profil dosen pada E-Learning, dilanjutkan dengan penjelasan ikon-ikon yang ada didalam aplikasi LMS, penjelasan praktek cara menambah mata kuliah baru, pengaturan mata kuliah, dan dosen peserta pelatihan mencoba membuat dan memasukkan  mata kuliah baru di LMS Politani.  Menurut Muslimin bahwa setiap dosen dapat mengelola materi perkuliahan dengan baik dengan menggunakan aplikasi LMS ini yakni meng-upload materi perkuliahan, memberikan tugas,  membuat kuis dan penilaiannya. 

Hari Kedua diisi dengan materi oleh narasumber bapak Annafi Franz, S.Kom.,M.Kom.  yang menjelaskan tentang pembuatan pembelajaran dengan menggunakan OBS dan Filmora.  Menurut Annafi aplikasi OBS merupakan aplikasi video recording dan live streaming yang gratis dan  banyak digunakan oleh youtuber-youtuber.  Dosen bisa membuat pembelajaran atau kegiatan belajar bagi mahasiswa tetap menarik selama pandemic Covid19 ini, tidak membosankan dengan cara merecord penjelasan kita.  Aplikasi ini dapat didownload pada web  https://obsproject.com. 

Setelah Aplikasi Terdownload, maka kita bisa memulai mengoperasikan OBS dengan menekan tombol scene, setelah itu membuat sumber belajarnya dengan klik tanda tambah (+), pilih display capture, tambahkan lagi video capture, agar tampilan wajah kita/dosen yang bersangkutan terlihat pada layar utama kita pilih file face campnya dan kita bisa mengatur penempatan atau posisi sesuai keinginan.  Kemudian kita tampilkan power point yang akan diajarkan atau direcording, dan selanjutnya akan diedit di aplikasi yang lain seperti Filmora. Ujar Annafi.

Lebih lanjut dijelaskan oleh Annafi bahwa aplikasi Filmora ini salah satu aplikasi yang banyak digunakan untuk mengedit video karena lebih mudah pengoperasiannya  dan vitur-viturnya lengkap.   Setelah penjelasan tentang aplikasi OBS dan Filmora kemudian dilanjutkan dengan praktek mengoperasikan atau menggunakan aplikasi tersebut. (Humas/AL).