Politani Samarinda melaksanakan kegiatan SKB atau Seleksi Kompetensi Bidang bagi CPNS Kemendikbud untuk formasi tahun  anggaran 2019 di lantai 2, ruang rapat  direktur Politeknik Pertanian Negeri Samarinda selama 2 hari pada tanggal 22-23 September 2020. Politani Samarinda menjadi salah satu tempat yang ditunjuk oleh Kemendikbud untuk melaksanakan kegiatan SKB untuk formasi tahun 2019.  Pelaksanaan seleksi ini  tetap  menerapkan protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian Corona Virus Disease (COVID) yang ditetapkan oleh pemerintah baik pusat dan daerah.  Maka dari itu untuk mengurangi dan meminimalisir pergerakan peserta maka SKB diselenggarakan ditiap provinsi dan  dilakukan secara virtual dengan menggunakan aplikasi video conference.  Hadir pada acara pembukaan yaitu Direktur, Pudir 1, 2 dan 3, Ketua Jurusan, staf kepegawaian serta panitia seleksi.

 

Hari pertama adalah verifikasi, wawancara, untuk semua peserta sebanyak 6 orang, terdiri dari 3 orang dosen dan 3 orang PLP.  Adapun nama-nama peserta yang ikut seleksi kompetensi bidang yaitu Debby Azra Adiyta, Dodi Sukma Rahardiyanto, Mitra Syahraeni Emeralda, Fiqriah Hanum Khumairah, La Mudi, Asep Nurhuda.   Peserta yang dapat mengikuti kegiatan SKB wawancara dan/atau microteaching ini adalah peserta yang namanya terdaftar pada tanggal dan sesi tes yang telah ditentukan dengan melengkapi dan memperlihatkan semua dokumen-dokumen yang dibutuhkan.

 

Kemudian   pada hari kedua dilakukan microteaching atau tes mengajar untuk dosen, dengan tim pewawancara dan penilai sebagai berikut ; Dr. Abdul Rasyid Zarta S.hut.,M.Si., Dr. Ir. Budi Winarni, M.Si., Dr. Suswanto, M.Pd., Ir. Iskandar, MP., Fachruddin Azwari, ST.,M.Si., Riama Rita Manulang, SP.,MP.  Adapun  aspek-aspek yang menjadi perhatian penilaian adalah 1). Literasi bidang pendidikan dan kebudayaan 2). Kemampuan bahasa Inggris.  3). Penalaran dan pemecahan masalah, 4) Dimensi psikologi, 5). Wawancara, dan Praktik mengajar atau micro teaching bagi formasi dosen. (Humas/AL)