Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Politani Samarinda kembali melaksanakan kegiatan Sertifikasi Kompetensi Kerja bagi mahasiswa/calon alumni untuk tahun 2020 di Program Studi Teknologi Hasil Perkebunan, Jurusan Teknologi Pertanian Politeknik Pertanian Negeri Samarinda, mulai tanggal 22 – 23 September  2020,  hari pertama pelaksanaan  dihadiri   Direktur  Politani, Hamka, S.TP.,M.Sc.,MP yang juga sebagai Asesor, Annafi’ Franz, S.Kom. M.Kom. selaku Ketua LSP, Manajer Mutu, Kepala TUK, Kepala Sertifikasi, para Asesor serta mahasiswa/ calon alumni  yang akan disertifikasi.  Adapun tema kegiatan adalah “Pelaksanaan Sertifikasi Kompetensi Kerja (PSKK) Politeknik Pertanian Negeri Samarinda Bidang Kerja Pengolahan Minyak Kelapa Sawit”.

 

Sertikat kompetensi merupakan bukti pengakuan tertulis atas penguasaan kompetensi kerja atau tanda pengakuan yang diberikan setelah mahasiswa melewati serangkaian kegiatan uji kompetensi baik pengetahuan dan keterampilan dalam menggunakan alat sesuai skemanya masing-masing secara.  Sertifikat ini merupakan pendamping ijazah, jadi selain ijazah, para mahasiswa atau calon alumni harus mengantongi sertifikat kompetensi sesuai bidang masing-masing, yang menunjukkan bahwa mahasiswa/calon alumni siap bekerja dan menjadi tenaga kerja yang berkompeten,  Sertifikat ini   diterbitkan oleh perguruan tinggi bersama Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yang telah terlisensi oleh BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi).

 

Direktur Politani Hamka mengharapkan dengan adanya sertifikasi kompetensi ini akan memberikan andil bagi peningkatan Sumber Daya Manusia yang kompeten khususnya mahasiswa di Politani Samarinda dan  seluruh wilayah Indonesia, sehingga dapat menjawab tantangan persaingan kerja di era global ini, pungkasnya. (Humas/AL)