Direktur Politeknik Pertanian Negeri Samarinda Hamka menyatakan sangat bersyukur atas kenaikan peringkat kemahasiswaan yang diraih Politeknik Pertanian Negeri Samarinda tahun 2020. Walau tahun 2020 ini Politekik Pertanian Negeri Samarinda duduk di peringkat 44 di kategori Perguruan Tinggi Vokasi, namun kenaikan peringkat tersebut naik tajam yaitu dari 156 tahun 2019 menjadi peringkat 44 tahun 2020. “Kenaikan ini suatu prestasi yang harus disyukuri” ucap lulusan dari Thailand ini.

 

Peningkatan ini ujar Hamka merupakan bukti adanya perbaikan dibidang kemahasiswaan Politeknik Pertanian Negeri Samarinda. Khususnya dalam menorehkan berbagai prestasi dan kegiatan positif di tahun 2020. Semua komponen, khususnya mahasiswa dan pembina mahasiswa Politeknik Pertanian Negeri Samarinda secara bersama-sama menggali potensi dan kemampuan maksimalnya untuk berprestasi.

 

Tercatat sejumlah prestasi diraih oleh mahasiswa Politeknik Pertanian Negeri Samarinda tahun 2019 di antaranya juara  Essay Writing di NPEO Bali Dilo Hackaton PT Telkom, Juara Hackaton 2.0 Diskominfo Samarinda, juara MAC ITK, Juara Piala Menpora U-21, Juara Liga Mahasiswa Futsal Regional Kalimantan, Juara Parade Cinta Tanah Air Tingkat Perguruan Tinggi. Selain berbagai kejuaraan tersebut, bidang riset juga memperlihatkan adanya peningkatan. Terbukti sejumlah proposal penelitian mahasiswa dan pengabdian terhadap masyarakat diberikan penghargaan oleh Kementerian Riset dann Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. “Ada 4 proposal riset dan 1 proposal pengabdian masyarakat diberi reward oleh kementerian. Ini bukti bahwa riset mahasiswa Politani Samarinda sudah diperhatikan di tingkat nasional” jelas Hamka.

 

Hamka juga mengucapkan terima kasih kepada mahasiswa yang telah menyelenggarakan kegiatan positif di lingkungan Politeknik Pertanian Negeri Samarinda, khususnya dalam pengembangan manajemen dan kepemimpinan. Sebab kegiatan seperti ini mendorong mahasiswa untuk mengembangkan softskill yang menjadi pelengkap bagi perkembangan mahasiswa dalam meraih sukses.

 

Wakil Direktur Politeknik Pertanian Negeri Samarinda Husmul Beze memaparkan bahwa pemeringkatan kemahasiswaan yang dikeluarkan kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia ini adalah ukuran perkembangan prestasi dan pembinaan kemahasiswaan di perguruan tinggi. Pemeringkatan ini merupakan kluster yang dikeluarkan kementerian dalam mengkategorikan perguruan tinggi di bidang kemahasiswaan. “Bila melihat angka raihan, Politani Samarinda ada di kluster tengah dari ratusan perguruan tinggi vokasi yang ada di Indonesia” Jelas Husmul. (bz)