Politeknik Pertanian Negeri Samarinda (Politani) Tahun 2020 ini menunjukan peningkatkan rangking tajam di Webometric. Jika tahun sebelumnya berada di peringkat 700-an, tahun ini berada di rangking 307 dari seluruh perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Di kluster Politeknik, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) masih menempati urutan teratas yaitu rangking 34. Untuk kluster politeknik pertanian di Indonesia, rangking Politani Samarinda jauh lebih baik. Misalnya, Politani Kupang berada di rangking 503, sementara Politani Pangkep di rangking 569, kemudian Politani Payakumbuh di rangking 894.
Webometric mengukur perguruan tinggi di seluruh dunia berdasarkan aktivitas alamat web perguruan tinggi. Semakin aktif masyarakat mengakses alamat web perguruan tinggi maka rangking perguruan tinggi semakin bagus. Hal ini menunjukan bahwa layanan dan kinerja perguruan tinggi lewat sistem informasi di alamat web-nya sangat efektif, sehingga banyak masyarakat menggunakannya.
Peningkatan rangking yang diraih Politani Samarinda di Webometric menurut Direktur Politani Samarinda Hamka tidak lepas dari upaya Politani Samarinda mengembangkan sejumlah aplikasi yang berbasis web. Diantaranya layanan data dan informasi kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan selalu diinformasikan ke masyarakat luas lewat alamat web resmi kampus. Lalu pengembangan sistem informasi pendaftaran mahasiswa baru, pendaftaran ulang  mahasiswa, pembayaran UKT, sistem logbook, pengisian nilai, KHS mahasiswa dan presensi civitas Politani Samarinda saat terjadi pandemic COVID 19. “Semuanya online” tegas Hamka.
Dengan adanya peningkatan ini, Hamka bertekad untuk terus meningkatkan inovasi dan kreativitas layanan di masa yang akan datang. Khususnya dalam menggunakan sistem informasi. Sebab kehadiran layanan berbasis sistem informasi telah banyak mempermudah semua sivitas Politani Samarinda. “Mohon dukungan semua pihak” pungkasnya. (bz)