Pimpinan Politeknik Pertanian Negeri Samarinda saat ini selalu mengupayakan kemajuan dan pengembangan  institusi dan terus berkomitmen untuk membawa perubahan demi Politani maju dan lebih dikenal.  Komitmen untuk lebih mengupayakan pemberian bantuan kepada mahasiswa juga terus diusahakan, salah satunya adalah program bantuan beasiswa dari Bank Indonesia (BI).    Sebagai tahapan dari pengajuan program beasiswa ini, pada Jum’at tanggal 26 Juni 2020 Politeknik Pertanian Negeri Samarinda telah di Assessment  terhadap sejumlah aspek yang diperlukan oleh tim  Bank Indonesia Pusat terkait calon penerima beasiswa untuk mahasiswa. yang dilakukan secara daring. Assessment ini dilakukan langsung oleh tim perwakilan Bank Indonesia Pusat, yaitu Tri Subandoro, Radiaz Feizars, Eka Milasari Indri Utami dan Prabu Dewanto selaku Kepala Tim Pengembangan Ekonomi Bank Indonesia Perwakilan Kalimantan Timur.

Assesment ini merupakan salah satu dari tahapan pengusulan setiap perguruan tinggi yang akan mengajukan program beasiswa,   Kegiatan assessment ini dilakukan secara daring menggunakan aplikasi zoom meeting. Pihak Politani yang hadir pada kegiatan assessment ini   Hamka S.TP.,M.Sc.,MP. selaku Direktur dan didampingi oleh Pudir 1, 2,3 dan 4, Koordinator  Program Studi yang diusulkan yaitu  PS. Budidaya Tanaman Perkebunan (D3), PS. Teknologi Hasil Perkebunan  (D3), PS. Pengelolaan Perkebunan (D4) dan PS. Teknik Rekayasa Perangkat Lunak/TRPL (D4) dan KUPT. Humas serta  perwakiln mahasiswa yang tergabung dalam BEM,  Hima dan UKM  Politani Samarinda.  Kegiatan ini berlangsung di ruang rapat direktur lantai 2 sementara mahasiswa di ruang rapat lantai 3 Gedung Rektorat Politani.

Ketua tim Assessment BI  Pusat bapak Tri Subandoro menjelaskan bahwa “Kami dari Bank Indonesia melakukan assessment ini dalam rangka menilai kelayakan perguruan tinggi dalam hal ini Politeknik Pertanian Negeri Samarinda sebagai Calon Penerima Beasiswa 2020. Pada kesempatan ini, kami juga ingin mengklarifikasi apa yang sudah disampaikan oleh BI Wilayah Kaltim di Samarinda dan hasil ini akan coba kami gali kembali agar pihak BI  dapat langsung mendengar atau mencatat apa yang menjadi program ataupun kegiatan yang dilakukan oleh Politani Samarinda dan hal teknis lainnya, Pihak BI juga telah memberikan beasiswa sebelumnya kepada Universitas Mulawarman dan IAIN Samarinda.  Politani Samarinda merupakan perguruan tinggi yang spesifik berbeda dengan PT lainnya sehingga bisa dikategorikan layak untuk mendapatkan beasiswa tersebut. Ujarnya

Lebih lanjut dijelaskan bahwa Beasiswa BI diberikan dengan tujuan untuk memotivasi para mahasiswa penerima untuk terus berprestasi dan memfasilitasi generasi muda dalam menyelesaikan pendidikan di perguruan tinggi.  Selain itu, beasiswa BI ini diharapkan mampu mengembangkan potensi para penerima beasiswa sehingga ke depannya mereka bisa menjadi pemimpin atau agen perubahan.  Dan nantinya akan masuk dalam wadah atau komunitas yang dikenal dengan Generasi baru Indonesia (GenBI),   program beasiswa BI ada dua, yaitu beasiswa unggulan dan beasiswa reguler. Beasiswa unggulan ditujukan bagi mahasiswa berprestasi dengan persyaratan-persyaratan tertentu seperti  IPK minimal 3,5 dan juga nilai TOEPL 500. Sebaliknya, beasiswa reguler ditujukan bagi mahasiswa yang berasal dari keluarga menengah ke bawah.  Program beasiswa BI Mulai digulirkan sejak tahun 2011  awalnya diperuntukkan bagi mahasiswa di Perguruan Tinggi Negeri namun tahun 2018 diperluas hingga mahasiswa di Perguruan Tinggi Swasta.

Direktur Politani Samarinda  Hamka, S.TP.,M.Sc.,MP. dalam sambutannya banyak memaparkan tentang kondisi saat ini  yang dimiliki oleh Politani.  Hamka mengatakan bahwa Assessment  BI Pusat untuk  Politani sebagai calon penerima beasiswa merupakan suatu kebanggaan tersendiri buat kami.  Politani saat ini  sudah mendapatkan hibah tanah dari Pemprov  Kaltim seluas 30 Ha, memiliki 2 Jurusan yaitu jurusan Manajemen pertanian dan Jurusan Teknologi Pertanian dengan 9 Program studi  yang terdiri dari  3 program studi  D4 dan 6 Program studi D3, saat ini Politani  memiliki mahasiswa kurang lebih 1.600 mahasiswa dan telah mendapatkan berbagai prestasi, baik local maupun nasional,  saat ini Politani juga mendapatkan bantuan beasiswa dari berbagai pihak seperti Kaltim Tuntas, Pertamina Mahakam Hulu, Bidikmisi, harapan kami bahwa BI juga akan mengucurkan dana beasiswanya untuk mahasiswa kami, ujarnya. Kami akan selalu mengupayakan untuk terus bergerak maju agar bisa  sejajar dengan perguruan tinggi lainnya. Untuk itu, kami berharap Politani Samarinda dengan kondisi dan potensi yang dimiliki bisa memenuhi persyaratan penilaian BI dan  bisa menjadi salah satu Perguruan Tinggi Penerima Beasiswa BI 2020. pungkas Hamka. (Humas/AL)