Politeknik Pertanian Negeri Samarinda (Politani) kembali manandatangani nota kesepahaman atau MoU dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Samarinda pada hari  Kamis  18 Juni  2020 di ruang rapat direktur  Lt.2 Gedung Rektorat Politani Samarinda Jln. Samratulangi Sei Keledang Samarinda, dengan tetap menerapkan protocol Kesehatan tetap menggunakan masker, dan jaga jarak.

MoU ini ditandatangani oleh Direktur Politani Samarinda Hamka S.TP.,M.Sc. MP.  dengan Kepala Kantor Pertanahan Kota Samarinda  bapak Budi Tarigan, SH.,M.E. Dalam pertemuan ini dihadiri juga  beberapa orang pejabat penting dari BPN dan pengelola Politani sendiri yaitu  Dr. Heriad Daud Salusu S.Hut.,MP. (Pudir I), Husmul Beze S.Hut.,M.Si (Pudir III), Eva Nurmarini S.Hut.,MP (Pudir II), Pudir IV bapak Yulianto S.Kom.,M.MT,  Dawamul Arifin ST.,MT.,  selaku Koordinator Program Studi Teknologi Geomatika, Dr. Andi Lisnawati SP.,M.Si (Kepala Unit Humas) dan Staf Humas Politani 

Kerjasama ini  merupakan upaya yang dilakukan dalam hal mengembangkan dan meningkatkan pendidikan dan pengetahuan, keterampilan  untuk peningkatan mutu pendidikan dan pengendalian informasi geopasial atau geomatika dibidang pertanahan yang meliputi: Peningkatan kompetensi sumber daya manusia melalui kegiatan pelatihan dan sharing pengetahuan terkait informasi geopasial, praktik kerja lapang (PKL)/magang, pengembangan kurikulum, berkolaborasi dalam menyediakan informasi geopasial/geomatika dibidang pertanahan dan kegiatan penelitian  dan pengabdian di bidang pertanahan.  Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah dalam hal ini Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR/BPN) untuk mempercepat pelaksanaan Program Strategis Nasional, yaitu menyelesaikan persoalan pemetaan dan  sertifikat tanah di seluruh Indonesia, khususnya di wilayah Kalimantan  dan mengurangi berbagai permasalahan sengketa tanah. 

Direktur Politani Samarinda Hamka S.TP.,MP.,M.Sc. sangat menyambut baik kerjasama ini, harapan kami bahwa Politani bisa bersinergi dengan berbagai instansi lain salah satunya dengan BPN Kota Samarinda atau perusahaan untuk mendapatkan manfaat bagi Peningkatan & Pemberdayaan Sumber Daya, seperti  tempat magang atau PKL dan mendapatkan  masukan  untuk mengetahui bagaimana kemampuan dari mahasiswa kami, dalam rangka mencerdaskan generasi bangsa dan harapannya dengan adanya Kerjasama ini bisa menambah skill atau kompetensi sehingga mereka bisa siap pakai atau siap kerja. Pungkasnya.

Sejalan dengan apa yang disampaikan Direktur Politani,  Kepala Kantor Pertanahan Kota Samarinda bapak Budi Tarigan SH.,M.E. juga sangat menyambut baik adanya Kerjasama ini beliau mengungkapkan bahwa dengan adanya MoU ini sangat berperan penting dalam membantu memberikan  dan meningkatkan pelayanan tentang persoalan pertanahan, karena saat ini masih banyak tanah yang belum terdaftar   dan tersertifikasi, masih banyaknya  konflik pertanahan di seluruh Indonesia. Dari data pertanahan yang ada masih banyak tanah yang harus diposisikan kembali,   Banyaknya  layanan  yang harus diselesaikan tentunya otomatis membutuhkan banyak tenaga kerja untuk membantu kegiatan pemetaan dan Percepatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tersebut, dengan adanya Kerjasama dengan Politani Samarinda yang memiliki Program Studi Geomatika  diharapkan bisa membantu menyelesaikan persoalan ini. Ujarnya mengakhiri sambutannya.  (Humas/AL).