Pengelola Kehumasan Politeknik Pertanian Negeri Samarinda  (Politani) mengikuti rapat koordinasi Publikasi Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi di Swiss Bell Hotel, Babakan- Bogor, Rabu – Jumat (11 s/d 13 Maret  2020).  Perwakilan Humas Politani yang hadir mengikuti rakor publikasi ini adalah Ketua Unit Pelaksananya, Dr. Andi Lisnawati SP.,M.Si.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dan dihadiri kurang lebih 60 peserta  yang berasal dari  unsur politeknik, Akademi Komunitas, LKP, SMK dan Ditjen Vokasi.

Menurut Laporan Ketua Pelaksana yang diwakili oleh bapak Adi Sutrisno,M.Pd yang merupakan Pranata Humas  Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi bahwa tujuan kegiatan ini antara lain :  memperkenalkan program dan kebijakan Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, merumuskan strategi komunikasi dan isu-isu strategis Ditjen Pendidikan Vokasi, menjalin koordinasi antar instansi terkait dalam rangka keterbukaan informasi public, mengembangkan citra mengenai pendidikan vokasi.

Plt. Sekretaris Ditjen Pendidikan Vokasi, Dr. Wartanto saat membuka rakor publikasi ini mengatakan  bahwa kegiatan ini dimaksudkan agar seluruh  kepala satuan kerja, penanggung jawab, pengelola publikasi dan kehumasan Ditjen Vokasi dan stakeholder terkait mempunyai persepsi yang sama dalam melaksanakan publikasi mengenai vokasi, sehingga dapat mencapai target yang ditetapkan.

Rapat Koordinasi yang dilaksanakan selama tiga hari (11-13 Maret 2020) tersebut, hadir beberapa narasumber  yaitu Plt. Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat  bapak Drs. Ade Erlangga Masdiana, M.Si. yang membawakan materi “ Kebijakan Pengelolaan Publikasi dan Kehumasan di Lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.  Best Practice :  Transformasi Kehumasan Pemerintah di era 4.0 yang dibawakan oleh Ani Natalia Pinem dari Direktorat Jenderal Pajak, Berikutnya dari Direktur Kemahasiswaan Universitas Indonesia Dr. Devi Rahmawati S.Sos.,M.Hum. dengan membawakan materi Strategi Pengelolaan Kehumasan di Era Industri 4.0.

Beberapa kesimpulan dalam Rakor Publikasi Ditjen Pendidikan Vokasi Tahun 2020 ini adalah Humas memiliki peran yang sangat penting dalam menginformasikan program dan kebijakan  kepada masyarakat, terutama berbagai keberhasilan yang telah dilakukan, Perlunya penyelarasan informasi yang dilakukan oleh humas dari level kementerian, ditjen hingga UPT, sehingga informasi yang disampaikan sama kepada masyarakat, Perlunya peningkatan SDM dibidang Humas pada satker masing-masing dengan mengikutsertakan ke berbagai pelatihan, Mengoptimalkan sumber daya yang ada seperti sumberdana sehingga kekurangan yang dimiliki tidak selalu menghambat kegiatan humas, Perlu adanya kolaboratif antar satker sehingga dapat memaksimalkan tujuan humas  yang tidak hanya memiliki tugas memotret, dan berhubungan dengan wartawan namun memiliki tugas lain seperti melakukan riset guna terus meningkatkan kemampuan dibidang kehumasan, Humas harus responsive, ketika ada isu negative, maka harus segera melakukan klarifikasi dan tindakan lain, sehingga informasi yang tersampaikan menjadi lebih baik dan positif.  (Humas/AL)