Direktur Politeknik Pertanian Negeri Samarinda (Politani) menandatangani naskah MoU dan Host to Host dengan PT. Bank Syariah Mandiri, sebagai bank penerima pembayaran ataupun transaksi-transaksi mahasiswa terkait dengan kewajiban finansial di Politani Samarinda, Rabu 11 Maret 2020 di ruang rapat direktur  Lt.2 Gedung Rektorat Politani Samarinda Jln. Samratulangi Sei Keledang, Samarinda.

Penandatangan MoU  dan Host to Host ini disaksikan oleh beberapa pejabat pengelola Politani yaitu Pudir I, II, III dan IV, Kabag, staf humas  serta staf  dari bank Syariah Mandiri.  Kerja sama ini merupakan wujud peningkatan jalinan sinergi dan kolaborasi yang mengikat antara Politani dan PT. Bank Syariah Mandiri.

MoU tersebut dilaksanakan untuk mempermudah sistem pembayaran dan penerimaan  SPP mahasiswa dan memperlancar administrasi keuangan Politeknik Pertanian Negeri Samarinda secara online dengan metode Host To Host (H2H).

Direktur Politani Samarinda Hamka S.TP.,MP.,M.Sc. sangat menyambut baik kerjasama ini karena menurut beliau kerjasama ini merupakan upaya untuk memberikan kemudahan mahasiwa membayar SPP, yang biasanya melalui bendahara, dengan adanya kerjasama ini mahasiswa membayar langsung ke Bank, via transfer ATM atau Internet banking, atau via loket di Bank BSM karena Politani didukung sistem SIA (system informasi Akademik) sehingga koneksi pembayaran bisa terkoneksi semua dengan baik dengan keuangan dan akademik, ujarnya.  Lebih lanjut lagi disampaikan bahwa di kampus juga akan disediakan loket pembayaran bagi mahasiswa. Selain itu sistem pelaporan administrasi cash management dari keuangan lebih simple akan langsung terdeteksi realtime mahasiswa yang membayar, MoU ini bisa juga digunakan untuk pembiayaan konsumtif bagi pegawai dan juga akan disegerakan payroll gaji pegawai menggunakan BSM, Pangkasnya.

Sejalan dengan apa yang disampaikan Direktur Politani,  manager regional BSM area Balikpapan bapak Ikhsan Amin Baso mengungkapkan bahwa fokus utama kerjasama ini adalah untuk memberikan kemudahan bagi mahasiswa dalam pembayaran SPP, sehingga mahasiswa tersebut tidak perlu antri dikantor/dikampus dan juga tidak membuat pusing atau kewalahan bagian keuangan dalam hal penerimaan uang SPP, metode Host to Host digunakan dalam rangka mempermudah pembayaran mahasiswa Politani Samarinda. Nanti mahasiswa bisa membayar langsung dirumahnya, bisa juga dengan transfer melalui ATM. Sehingga mahasiswa tidak perlu repot-repot lagi minta slip ke bagian keuangan Politani untuk melakukan pembayaran, tentunya dengan metode ini bisa memudahkan bagi semua pihak, dengan adanya kerjasama ini maka diharapkan pembayaran SPP  dapat dipantau secara real time karena metode ini transaksi terhubung langsung secara sistem dengan Politani,  dan dapat digunakan sebagai alat rekam pembayaran bagi mahasiswa yang sudah membayar dan yang belum, Selain itu, terdapat pula potensi kerja sama berupa pembukaan rekening bagi mahasiswa baru, dan fasilitas perbankan lainnya seperti penempatan ATM (Anjungan Tunai Mandiri) di kampus untuk mempermudah pelayanan perbankan bagi mahasiswa dan karyawan di Politani Samarinda, ujarnya.  (Humas/AL)