Politeknik Pertanian Negeri Samarinda menjalin kerja sama melalui MoU dengan  PT. Kesuma, sebuah perusahaan  yang bergerak dibidang survey dan pemetaan pada hari Rabu 11 Maret 2020, di ruang rapat direktur  Lt.2 Gedung Rektorat Politani Jln. Samratulangi Sei Keledang,  Samarinda.  MoU ini ditandatangani oleh Direktur Politani Samarinda Hamka S.TP.,MP.,M.Sc.  dengan Branch Manager PT. Kesuma  bapak Fery Nugroho SE. Dalam pertemuan ini dihadiri oleh  Dr. Heriad Daud Salusu S.Hut.,MP. (Pudir I), Husmul Beze S.Hut.,M.Si, (Pudir II) Yulianto S.Kom.,M.MT (Pudir IV)   dan Dawamul Arifin ST.,MT.,  selaku Koordinator Program Studi Teknologi Geomatika, Staf Humas Politani serta staf  dari PT Kesuma.

Kerjasama  yang akan dilakukan dalam hal penyelenggaraan pelatihan, penelitian dan pengabdian dibidang Geopasial/Geomatika.

Direktur Politani Samarinda Hamka S.TP.,MP.,M.Sc. sangat menyambut baik kerjasama ini karena menurut beliau kerjasama ini sangat membantu mahasiswa, dosen dan PLP mengembangkan kemampuan skillnya dalam menggunakan alat yang baru dan up to date.  Menurut Hamka kerjasama ini merupakan  salah salah bentuk keterlibatan pihak swasta dalam membangun pendidikan dan membangun SDM untuk kemajuan Pendidikan secara umum dan kemajuan Politani Samarinda secara khusus,

Fery Nugroho, SE selaku Branch manager PT Kesuma menjelaskan bahwa kerjasama yang dilakukan merupakan upaya untuk mengembangkan dan meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan kinerja orang yang menggunakan instrumen survey.  Seperti halnya Program Studi Teknologi Geomatika yang ada di Politani Samarinda, tentunya prodi ini akan banyak menggunakan alat-alat survey dan pemetaan, sehingga kerjasama ini merupakan suatu hal yang sangat penting, ungkapnya.  Dalam kerjasama ini PT Kesuma juga akan membantu dalam hal kalibrasi alat di prodi Teknologi Geomatika, riset bersama untuk pengembangan incubator bisnis di Politani,  pengadaan peralatan pemetaan, termasuk uji coba alat baru dari PT Kesuma di Politani Samarinda.

Semoga jalinan kerjasama ini membawa kemajuan dan peningkatan pengetahuan dan keterampilan bagi mahasiswa, dosen dan PLP begitupun kemajuan bagi perusahaan PT. Kesuma.  (Humas/AL)