Balikpapan (01/11/2019). Tim Futsal Politani Samarinda kembali berhasil mengukir prestasi yang sangat membanggakan, Politani berhasil bertengger di puncak klasemen akhir Bolalob.com, sekaligus menjadi Juara LIMA FUTSAL  dan  mewakili Provinsi Kalimantan untuk maju ke tingkat Nasional di Malang Jawa Timur Tanggal 27 November – 1 Desember 2019, setelah berhasil menumbangkan tim Futsal Unmul dengan skor 5-3 di LIMA Futsal Kalimantan Conference Season 7,  pada laga terakhir yang berlangsung di Auditorium STT Migas Balikpapan, pada Jumat (01/11/2019).

LIMA Futsal Kalimantan Conference Season 7 tahun 2019 kali ini diikuti oleh 7 tim yaitu Universitas Mulawarman (Unmul), Universitas Balikpapan (Uniba), Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur (UMKT). Politeknik Pertanian Negeri Samarinda (Politani), Universitas Mulia Balikpapan, STT Migas,  dan Poltekba Balikpapan.  Pertandingan berlangsung dari 26 Oktober hingga 1 November 2019 kemarin. Semua pertandingan yang berlangsung dilaksanakan  di Auditorium STT Migas, Balikpapan yang beralamat di KM.8, Karang Joang, Kec. Balikpapan Utara, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Dalam pertandingan terakhir melawan Universitas Mulawarman, Tim Futsal Politani Samarinda sama-sama mengantongi 5 kemenangan alias sapu bersih. Kedua tim juga memiliki selisih gol yang sama yaitu 34. Hanya Politani Samarinda memiliki keunggulan agresivitas gol dibandingkan Universitas Mulawarman. Politani Samarinda lebih banyak mencetak gol. “Dalam pertandingan ini, Unmul berada di posisi tertekan” ujar Dr Abdul Rasyid Zarta, Manager Tim Futsal Politani Samarinda.  

Namun suasana unggul tersebut tidak berlangsung lama, Universitas Mulawarman (Unmul) pada babak pertama berhasil unggul 2-1 berkat gol Abdul Rahman pada menit ke empat dan Muhammad Afied Mustafa pada menit ke-16. Gol balasan Politani Samarinda dicetak Argi Sulfitra pada menit ke 5.  Melihat posisi timnya tertinggal, pria yang akrab dipanggil Rasyid ini langsung memompa semangat para pemainnya.  Tidak berselang lama, yakni empat menit babak kedua berjalan Diaz Christi Sanjaya berhasil menyamakan kedudukan. Permainan semakin seru. Lalu pada menit ke-27 Politani Samarinda berhasil membuat gol untuk memimpin pertandingan yaitu lewat kaki Aprianto Samwin setelah menerima umpan dari Diaz Christi Sanjaya. Keunggulan Politani Samarinda ternyata tidak berlangsung lama Afieq, pemain lincah dari Unmul ini berhasil menyamakan kedudukan menjadi 3-3.

Mental juara Politani Samarinda diperlihatkan dalam sisa pertandingan. Berkat ketenangan dan kecerdikan para pemainnya, Politani Samarinda berhasil merobek gawang Unmul 5 -3. Dua gol tersebut di cetak Aloysius Abel Dorage dan Diaz Christi Sanjaya.  Pelatih Politani Samarinda Prima Hanugrah Yudhabarata mengaku plong saat mengetahui timnya keluar jadi juara pada seri yang kali pertama diikuti Politani Samarinda ini. Yudha mengungkapkan bahwa perjuangan timnya diajang bergengsi ini merupakan buah dari kekompakan tim dan saling dukung semua pihak. Mulai dari Pengelola Politani Samarinda, Kemahasiswaan Politani Samarinda, Tim Official dan Pemain. “Terima kasih kepada pengelola (Politani Samarinda) yang telah memberikan Tim kesempatan untuk berlaga di ajang ini” ujar Yudha.

Yudha juga menyampaikan terima kasih atas kehadiran Direktur Politani Samarinda Hamka & Pembantu Direktur Bidang Kemahasiswaan Husmul Beze dalam laga terakhir melawan Unmul tersebut. Kehadiran petinggi kampus tersebut ujar Yudha berhasil memompa semangat anak didiknya untuk tampil all out menampilkan kemampuan terbaiknya. “Terbukti hari ini kita menang. Terima kasih Pak Hamka dan Pak Husmul atas kehadirannya di pinggir lapangan” ucapnya.

Sementara itu Direktur Politani Samarinda Hamka langsung memimpin Tim Official dan pemain sujud syukur atas keberhasilan yang diraih Tim Futsal Politani Samarinda. Ia berpesan agar keberhasilan yang diraih mahasiswanya ini diterima dengan penuh kesyukuran kepada Allah. Sebab semua prestasi ini merupakan rahmat dari Allah dan hasil perjuangan banyak pihak, khususnya mahasiswa sebagai pemain. “Mohon selalu rendah hati dan tidak larut dalam euphoria kemenangan ini. Insya Allah kita ke Malang ke seri nasional” cetusnya. (bz/hms).