Kehadiran kampus di wilayah pedesaan diharapkan tidak hanya berperan pada perputaran ekonomi saja. Melainkan juga peningkatan pada sektor pengetahuan dan kesejahteraan masyarakat diberbagai aspek.  Untuk itu pada tanggal Tanggal 31  Oktober  2019 bertempat di Gedung Kesenian Sasono budaya  Desa Bhuana Jaya diadakan “Pelatihan Desain dan Pemasaran Produk Secara Online” kegiatan pelatihan ini sebagai wujud kerjasama dalam bidang pengembangan Desa dan pengembangan SDM Desa Bhuana jaya.  Hadir sebagai narasumber adalah Bapak Eko Junirianto, S.Kom., M.Cs dan Ibu Eny Maria S.Kom., M.Cs.  Dalam acara tersebut juga dihadiri oleh Bapak Camat Tenggarong Seberang Bpk.Suparman S.Sos.,Msi, Ketua BPD, Staf Dosen  dan PLP Program Studi TRPL Politani Samarinda.  Diharapkan dengan adanya hubungan kerjasama dosen, PLP dari perguruan tinggi Politeknik Pertanian Negeri Samarinda dapat memberi pendampingan kepada masyarakat di pedesaan, sehingga bermanfaat bagi pengembangan Desa Bhuana Jaya dan tentunya bagi Politani Samarinda.

 

Kegiatan Pengabdian kepada masyarakat adalah salah satu kewajiban dosen untuk berkontribusi dalam pembangunan.  Penelitian dan pengabdian kepada masyarakat merupakan elemen dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kedua elemen tersebut menjadi aksi dari keterlibatan perguruan tinggi dalam pembangunan negara.  Selain itu, masyarakat juga akan mendapatkan bekal untuk menyelesaikan permasalahan dan menjawab tantangan dalam kehidupannya.  Seperti pengabdian tentang “Pelatihan Desain Dan Pemasaran Produk Secara Online” yang digagas oleh Program Studi Teknik Rekayasa Perangkat Lunak (TRPL) di Desa Bhuana Jaya yang merupakan desa binaan Politani,  Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi pemanfaatan media online sebagai sarana pemasaran hasil produksi bagi anggota UMKM/ Industri Kecil yang ada di Desa Bhuana Jaya dengan harapan dapat memperluas area pemasaran yang akan memberikan imbas terhadap peningkatan omset usaha.

 

Kehadiran internet sebagai sarana atau media informasi online ternyata memberikan banyak manfaat yang sangat besar bagi setiap aspek kehidupan yang ada. Baik dalam bidang pendidikan, sarana komunikasi tanpa batas, maupun dalam hal pengembangan usaha. Pemanfaatan media online memang menjadi pilihan tepat bagi para pelaku usaha untuk mengembangkan bisnis yang dijalankannya.   industri kecil atau UMKM yang ada di pedesaan juga menjadi roda penggerak ekonomi masyarakat, terutama masyarakat ekonomi menengah dan ekonomi bawah. Dalam upaya mempertahankan bisnis yang dijalankan, para UMKM ini hendaknya  dituntut untuk mulai menerapkan berbagai macam strategi bisnis dalam upaya mengembangkan usaha untuk mencapai pangsa pasar yang lebih luas dan mendapatkan lebih banyak konsumen.  (hms/AL)