Politeknik Pertanian Negeri Samarinda (Politani) menggelar Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun  (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74 di Halaman Direktorat  POLITANI, Sabtu ini (17/08/2019). Upacara ini digelar dengan tujuan memperingati dan sebuah momentum untuk mengingat jasa para pejuang bangsa yang telah gugur untuk memperjuangkan dan merebut kemerdekaan bangsa dari jajahan bangsa Asing, Upacara HUT Kemerdekaan  yang jatuh setiap tanggal 17 Agustus ini diikuti oleh seluruh Civitas Akademika Politani mulai dari Direktur, Para Pembantu Direktur 1, 2, 3 dan 4, Kajur, Kaprodi,  Dosen, Tenaga Pendidik serta Mahasiswa. 

Direktur POLITANI Hamka S.TP.,M.Sc., M.P. yang bertindak sebagai pembina upacara HUT RI ke-74, membacakan sambutan dari Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) RI Prof. Mohamad Nasir dengan  mengusung tema “SDM Unggul, Indonesia Maju”.

Saat menyampaikan sambutan pidato dari Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) RI bapak Direktur  Politani Hamka menyampaikan bahwa Bangsa Indonesia  terlepas dari belenggu penjajahan sudah 74 tahun, sehingga rasa syukur wajib kita tanam dalam relung hati kita dengan senantiasa mengenang dan menghargai jasa-jasa para pahlawan  yang telah membela dan merebut kemerdekaan.    Peringatan HUT ke-74 RI Tahun 2019 tidak hanya dimaknai sebagai lepasnya bangsa Indonesia dari belenggu penjajahan bukan pula akhir dari perjuangan. Namun lebih dari itu, lanjut Hamka  HUT ke-74 RI Tahun 2019 harus dimaknai sebagai momen pemersatu bangsa, dan kita memiliki kewajiban untuk mempertahankan serta mengembangkan hasil kemerdekaan tersebut. Kemerdekaan harusnya membuat kita berbuat lebih untuk bangsa dan negara Indonesia.

Lebih Lanjut Direktur menjelaskan  tema peringatan Hari Ulang Tahun ke-74 RI Tahun 2019 ini adalah SDM Unggul, Indonesia Maju. “Tema ini mengandung makna bahwa pembangunan Sumber Daya Manusia yang unggul akan sangat mendukung kemajuan Indonesia. Artinya Pembangunan Sumber Daya Manusia menjadi kunci keberhasilan dan kesuksesan Indonesia di masa depan. Sumber Daya Manusia Indonesia harus unggul dalam segala bidang sehingga dapat bersaing secara global, terlebih ketika memasuki era industri 4.0,”.  Kemajuan Industri yang berjalan di Indonesia tidak cukup hanya dengan infrastruktur, akan tetapi harus didukung dengan peningkatan kualitas SDM yang bias ditempuh dengan perbaikan Pendidikan untuk menjalankan kemajuan teknologi seiring kemajuan industri 4.0,  tegasnya dihadapan para peserta upacara.

“Dalam menciptakan Sumber Daya Manusia yang unggul Perguruan Tinggi harus tampil sebagai garda terdepan dalam mencetak SDM yang unggul dan kompetitif di masa mendatang. Satu hal yang harus ditempuh adalah selalu meningkatkan kualitas SDM perguruan tinggi, serta menyiapkan diri agar mampu beradaptasi untuk mencapai keberhasilan dalam membangun bangsa. Jangan terlalu puas dengan capaian dan kompetensi yang kita miliki dan terlena dengan zona nyaman,”  Keunggulan SDM di era ini dapat dilihat dari tingkat inovasi dan kreatifitas yang dihasilkan.

“Bonus demografi yang kita miliki harus benar-benar kita optimalkan dengan mencetak sumber daya manusia Indonesia yang unggul, peluang ini akan menjadi emas jika kualitas pendidikan terus kita tingkatkan. Peran perguruan tinggi sebagai agen perubahan dinanti oleh bangsa ini dalam menjawab segala tantangan yang ada. Pemerintah akan terus memberikan fasilitas, dukungan pendidikan, dan pengembangan diri bagi talenta anak-anak bangsa, karena akan memberikan kontribusi terhadap percepatan pembangunan Indonesia.

Pada upacara tersebut, Direktur Politani juga menyerahkan SK CPNS 80% dan 100% kepada pegawai juga pemberian  penghargaan kepada mahasiswa-mahasiswi yang berprestasi juga kepada pembimbing yang telah mengantarkan mahasiswa/i menjuarai beberapa kegiatan seperti Juara 1 Liga U-21 antar mahasiswa se Kalimatan Timur, Juara 1 Hakaton 2109, Juara I   Parade Cinta Tanah Air, Juara 1 pada kegiatan Olimpiade Bahasa Inggris tingkat nasional di Bali National  Polytecnic  English Olimpics (NPEO) 2019. Dalam kesempatan ini juga ada pemberian hadiah kepada peserta lomba dalam rangka memperingati dan memeriahkan HUT Kemerdekaan RI yang ke-74. (Humas/AL)