• Aco Wahyudi (baju hitam) menerima hadiah dari A. Syarif Hidayatullah, Kepala Diskominfo Kota Samarinda

Politani Samarinda kembali memenangkan Hackathon 2.0 yang diadakan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Samarinda pada tanggal 3-4 Agustus 2019, meneruskan tradisi juara yang telah diraih sejak 2018. Kali ini kemenangan diraih Tim NNP yang digawangi oleh Aco Wahyudi, M. Rizky Nugroho, dan Ilham Ilyas dengan aplikasi yang mereka ciptakan bernama Parkir Modern (PARMON).

Hackathon sediri merupakan lomba cipta aplikasi dalam waktu 24 jam untuk memberikan solusi terhadap permasalahan atau isu yang telah ditentukan sebelumnya. Berangkat dari tema yang ditawarkan panitia berupa upaya revitalisasi Citra Niaga, tim NNP mencoba menciptakan PARMON yang memungkinkan para juru parkir memindai plat nomor kendaraan yang diparkir dan menghitung secara otomatis ongkos parkir yang harus dibayar.  Selain itu setiap transaksi parkir yang terjadi akan otomatis tercatat di sistem Pemerintah Kota sehingga dapat menghindari kebocoran PAD karena maraknya parkir liar.

Tim dewan juri menganggap aplikasi ini sebagai aplikasi yang menarik dan sangat mungkin untuk diterapkan karena dianggap mampu menjawab permasalahan  yang selama ini menyelimuti Citra Niaga.

Disaksikan langsung oleh Direktur Politani, Hamka, kemenangan ini terasa semakin manis karena tim yang sama telah mengikuti Hackathon yang sama pada tahun 2018 namun gagal meraih juara. “Politani telah berhasil meraih prestasi di beberapa kejuaraan tahun ini, termasuk yang paling baru di lomba Hackathon ini. Hal ini membuktikan bahwa mahasiswa kita bisa dan mampu bersaing dengan kampus-kampus lain”, pungkasnya bangga (yu).