Politeknik Pertanian Negeri Samarinda (POLITANI)  hari ini Selasa tanggal 17 Juli 2019 menggelar upacara di halaman kantor POLITANI,  upacara bendera ini merupakan kegiatan  rutinitas yang dilaksanakan setiap tanggal 17 setiap bulan.  Upacara Bendera Merah Putih diikuti seluruh pegawai  baik Dosen, PLP, Administrasi dan Honorer dalam lingkungan Politani. Upacara tanggal 17 setiap bulannya tidak hanya sekedar melaksanakan prosesi pengibaran bendera dan pengucapan terhadap Pancasila serta Pembukaan UUD 45 tetapi bagaimana kita semua menghargai perjuangan para pahlawan kusuma bangsa dan mengimplementasikan nilai Pancasila dalam kehidupan sehari hari secara nyata. Upacara Bendera ini juga sebagai upaya untuk tetap meningkatkan rasa nasionalisme, pengabdian tanggung jawab disiplin, pelaksanaan gerakan revolusi mental aparatur sipil negara untuk mewujudkan kehidupan berbangsa, bernegara yang dilandasi nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945.  “Momentum upacara juga dijadikan ajang silaturahmi sekaligus menyampaikan arah kebijakan agar kita semua paham untuk membangun dan melaksanakan kewajiban bersama guna menyamakan pola pikir, pola sikap, dan pola tindak dalam mewujudkan visi misi, dan tujuan organisasi untuk mendukung pembangunan nasional.

Dalam amanat Direktur Hamka S.TP.,M.P.,M.Sc. menyampaikan beberapa  hasil yang telah diperoleh dari rapat Forum Direktur di Bukit Tinggi bahwa  Politeknik akan diupayakan lebih maju dari perguruan tinggi lainnya, karena Politeknik merupakan penyumbang tenaga profesional di Indonesia, saat ini juga Politeknik Pertanian akan diupayakan lebih meningkat lagi karena fokus pemerintahan Jokowi saat ini adalah pemenuhan kebutuhan pangan di bidang pertanian sehingga Politani juga diharapkan bisa berbenah diri untuk ikut andil dalam kegiatan itu.  Kemudian dalam forum direktur itu juga disampaikan program kementerian yaitu RPL  yang merupakan program yang diberikan oleh Pemerintah  dalam memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi setiap individu untuk menempuh pendidikan formal, melalui fasilitas pembelajaran sepanjang hayat serta memberikan kesempatan penyetaraan terhadap kualifikasi tertentu  sehingga mereka mendapatkan keterampilan dan ijazah, ada juga program lain dari kementerian yaitu melaksanakan program Multi Entry Multi Exit (MEME). Multi Entry berarti masuk program bisa awal tahun pertama, awal tahun kedua, awal tahun ketiga, atau awal tahun keempat. “Multi Exit berarti keluar program bisa akhir tahun kedua, akhir tahun ketiga, atau akhir tahun keempat. Setiap mahasiswa menyelesaikan setiap tahapan Diploma II, Diploma III atau Diploma IV mendapatkan ijazah yang sesuai. Melalui program ini,  jelas Hamka mahasiswa yang sudah berkuliah selama dua tahun bisa meninggalkan kampus guna bekerja dengan mengantongi sertifikat kompetensi level III. Nah, mereka diperbolehkan lagi melanjutkan kuliah setelah itu.  Diharapkan lewat program yang digulirkan Kemenristekdikti ini, diyakini mampu menjawab tantangan era Revolusi Industri 4.0.

Upacara Bendera kali ini juga dirangkaikan dengan pelepasan dan penyerahan  kenang-kenangan bagi Pegawai yang sudah purna tugas atau pensiun. Serta pemberian santunan bagi keluarga pegawai yang tertimpa musibah, pelepasan dan pemberian kenang-kenangan  bagi Pegawai yang memasuki masa purna bakti sebagai Pegawai Negeri Sipil   yaitu : Ibu Erlawati dan Ibu Kristina Sampe Ruruk, A.Md. Masa purna bakti merupakan masa pengakhiran tugas yang bagi pegawai tidaklah mudah menghadapinya. Sedangkan memasuki usia pensiun merupakan situasi yang pasti dihadapi dan seseorang pasti akan mengalaminya. Pelepasan Ibu Erlawati dan Ibu Kristina Sampe Ruruk, A.Md.  yang memasuki masa purna bhakti disampaikan secara simbolis oleh Bapak Direktur Politeknik Pertanian Negeri Samarinda  didampingi oleh Ibu Pembantu Direktur II Bidang Keuangan dan Kepegawaian,  Eva Nurmarini S.Hut.,M.P.  Pelepasan purnabakti ini digelar sebagai wujud penghargaan dan apresiasi setinggi-tingginya bagi pegawai yang telah mengabdikan diri sebagai insan amanah, dan dengan suka maupun duka, semua tenaga, pikiran dan ide tercurah. Semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan pahala yang setimpal atas amal bakti sebagai tenaga kependidikan yang selama ini dijalankan terima kasih dan penghargaan terhadap loyalitas, dedikasi dan pengabdian selama ini karena telah memberikan kontribusi kepada  Politani   tutur Bapak Direktur Hamka S.TP.,MP.,M.Sc.  Pelepasan diakhiri dengan pemberian ucapan selamat jalan  dengan suasana yang mengharukan, “Selamat menjalankan masa purnabakti”. (Humas/AL)