Laboratorium Pengolahan Hasil Perkebunan merupakan salah satu laboratorium yang dimiliki oleh Politeknik Pertanian Negeri Samarinda, Jurusan Teknologi Pertanian, Program Studi Teknologi Hasil Pertanian.  Saat ini, upaya Laboratorium Pengolahan Hasil Perkebunan untuk memberdayakan perannya salah satunya adalah melalui kegiatan pengabdian masyarakat dengan memberikan pelatihan.

Pada tanggal 3 Juli 2019 Laboratorium Pengolahan Hasil Perkebunan diundang oleh pihak Desa Bhuana Jaya  untuk memberikan pelatihan dengan Tema “Pelatihan Industri Rumah Tangga, Cara Pembuatan Virgin Coconut (VCO) dan Pembuatan kripik Pare”.  Selaku narasumber, Silvia Darmans, SP. MP., dipandu oleh Rindawati, S.Hut dan Theresia Adi Susanti, SP., memberikan pelatihan pembuatan VCO dengan metode mixing.  Kegiatan ini dibuka langsung oleh Bapak Suwondo, SE., selaku Kepala Desa Bhuana Jaya. Dari kegiatan ini diharapkan masyarakat  dapat mengolah Virgin Coconut Oil dengan metode yang tepat, mengingat Desa Bhuana Jaya memiliki potensi sumber daya alam yang baik, khususnya komoditi kelapa, sehingga dapat meningkatkan nilai ekonomi komoditi kelapa serta membuka lapangan pekerjaan di Desa Bhuana Jaya.                          

Semoga kerjasama antara Politeknik Pertanian Negeri Samarinda dan Desa Bhuana Jaya, Kabupaten Kutai Kartanegara dapat terus terjalin guna mengembangkan Sumber Daya Alam dengan ditunjang Sumber Daya manusia yang berkualitas, khususnya sektor pertanian di Kalimantan Timur.

Penulis : Silvia Darmans, SP., MP.

Fotografer : Rindawati , S.Hut.