Memperingati Hari Lahirnya Pancasila  ke-74 Tahun 2019, Politeknik Pertanian Negeri Samarinda (POLITANI) menggelar upacara di Auditorium  POLITANI, Sabtu ini (1/06). Upacara ini digelar dengan tujuan Memperingati Harla Pancasila yang jatuh setiap tanggal 01 Juni.  Tema Hari Lahir Pancasila yang diperingati setiap 1 Juni, tahun ini mengusung tema “Kita Indonesia, Kita Pancasila.” 

Hari Kelahiran Pancasila kali ini berlangsung dalam suasana Bulan Ramadhan. Bulan suci Ramadhan ini merupakan bulan yang penuh limpahan rahmat.  Direktur POLITANI Hamka S.TP.,M.Sc.,M.P. selaku pembina upacara Hari lahir Pancasila, membacakan sambutan dari Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia (RI).

Dalam sambutan tersebut, disebutkan bahwa Di wilayah nusantara tumbuh beragam flora dan fauna, Keberagaman secara natural merupakan karakteristik dari Indonesia.  Demikian pula secara Antropologis dan Sosiologis keberagaman ras, etnis, agama, kepercayaan dan budaya yang ada di Indonesia sudah ada sejak jaman pra aksara hingga sekarang.  Lebih lanjut, Direktur Politani Hamka menyampaikan  bahwa, Pancasila sebagai dasar Negara, ideologi Negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para “pendiri bangsa” merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa buat bangsa Indonesia. “Walaupun kita sebagai bangsa masih belum secara sempurna berhasil merealisasikan nilai-nilai Pancasila, kita akui bahwa eksistensi keindonesiaan baik sebagai bangsa maupun sebagai Negara masih dapat bertahan hingga kini berkat Pancasila,” 

Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan, Keberagaman kondisi geografis, flora dan fauna, hingga aspek antropologis dan sosiologis hanya dapat dirajut dalam bingkai kebangsaan yang inklusif.  Proses internalisasi sekaligus pengamalan nilai-nilai Pancasila harus dilakukan dan diperjuangkan secara terus-menerus.  Pancasila harus tertanam dalam hati yang suci dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari, Tutur Hamka.  Lebih lanjut dikemukakan bahwa Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi “politik harapan” dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. “Kita semua harus terus menerus secara konsisten merealisasikan Pancasila sebagai dasar negara, ideologi Negara dan pandangan dunia yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh bangsa Indonesia, Mari kita bersatu membangun bangsa untuk merealisasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan. Kita Indonesia, Kita Pancasila”.  (Humas/AL)