Dalam rangka membantu masyarakat Kota Samarinda menghadapi Bulan Ramadan tahun 2019,  Darma Wanita Persatuan (DWP) Politeknik Pertanian Negeri Samarinda, menggelar acara Bazar Pasar Ramadhan perdana di Halaman Halaman Parkir DirektoratPoliteknik Pertanian Negeri Samarinda pada 14 – 15 Mei 2019 lalu. Acaranya  bisa diikuti masyarakat umum. Pegawai Politeknik Pertanian Negeri Samarinda atau masyarakat di Kelurahan Gunung Panjang.

Menurut Ny. Marwati Hamka Ketua DWP Politani menyampaikan bahwa kegiatan ini tujuannya untuk membantu masyarakat Samarinda untuk memenuhi kebutuhan pokoknya selama Ramadan tahun 1440 H. Sebab dalam bazaar yang dilaksanakan oleh organisasi yang dipimpinnya itu tersedia banyak bahan pokok dengan harga murah dan terjangkau. “Kegiatan ini perdana dilakukan oleh DWP Politani dan terselenggara dengan meriah dan semoga terus berlanjut di tahun mendatang” ujarnya.

DWP Politeknik Pertanian Negeri Samarinda , dalam acara bazaar ini bekerjasama dengan pihak Pengelola kampus Politani Samarinda. Juga bekerjasama  dengan beberapa pihak terkait lainnya guna menyukseskan acara tersebut diantaranya Disperindagkop UMKM Provinsi Kalimantan Timur, Bulog, Perkumpulan distributor Kota Samarinda, maupun Bank Rakyat Indonesia (BRI) cabang Samarinda, serta para anggota Dharma Wanita Persatuan Politeknik Pertanian Negeri Samarinda.

Marwati juga menyampaikan bahwa diadakannya kegiatan Bazar Ramadhan merupakan salah satu program kerja DWP Politani pada bidang Sosial dan Ekonomi, silaturahmi anggota, menyediakan kemudahan bagi Ibu-ibu anggota DWP, citivitas akademik,  dan masyarakat sekitar kampus dalam menyediakankeperluan selama ramadhanserta secara tidak langsung sebagai sarana promosi Kampus Politeknik Pertanian Negeri Samarinda, promosi produk dari para anggota DWP Politani.

Acara ini tak hanya menjual sembako, namun ada juga pengumpulan pakaian layak pakai untuk diserahkan ke Dharma Wanita Persatuan Prov. Kaltim, penyedia layanan penukaran uang baru dan juga pemeriksaan kesehatan yang dilakukan oleh Ibu Nisken Ferdika salah seorang admin honorer di Prodi Geomatika. Pemeriksaan kesehatan yg dilakukan meliputi pemeriksaan Tekanan darah,  gula darah,  kolesterol dan asam urat. Menurut Ibu Dika (panggilannya) antusiasnya luar biasa bahkan sampai kewalahan dalam memberikan pelayanan dan semoga akan ada lagi kegiatan sehingga bisa turut berpartisipasi juga dengan memberikan pelayanan pemeriksaan kesehatan.

Menurut ketua pelaksana acara Ny. Euis Eriansyah: “Alhamdulillah acara berlangsung dengan lancar, untuk kedepannya bisa kita tingkatkan lagi persiapannya agar lebih matang, sehingga acara di hari pertama dengan hari kedua jumlah konsumen yang datang sama”.

“Kegiatan Bazar Ramadhan sangat bermanfaat, kegiatan ini, sekaligus bagian Tridarma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian pada masyarakat. Dharma Wanita sebagai bagian dari Politani yang menjadi pelaksana kegiatan ini sangat tepatmngambil waktu, dikarenakan jadwal dan nama kegiatan sesuai dengan kondisi saat ini di bulan Ramadhan dimana harga kebutuhan bahan pokok sedang naik. Dengan adanya Bazar Ramadhan setidaknya memberikan nilai lebih harapan kedepannya semoga tahun depan dapat mengadakan kembali dan lebih ramai lagi. Dan terimakasih kepada Disperindagkop Prov. Kalimantan Timur, UMKM Prov. Kaltim, Bulog, Bank BRI, Distributor Samarinda, serta Dharma Wanita Persatuan Politeknik Pertanian Negeri  beserta anggotanya yang telah membantu terlaksananya acara ini”, tutur Direktur Politeknik Pertanian Negeri Samarinda Hamka.