• Hamka (baju batik tengah) melakukan foto bersama usai menyerahkan pendanaan PKM kepada tim PKM Politani Samarinda

Keberhasilan  empat Tim Peneliti Mahasiswa Politeknik Pertanian Negeri (Politani) Samarinda mendapat pendanaan di kegiatan program kreativitas mahasiswa (PKM) adalah sebuah tradisi baru yang harus dilestarikan. Hal ini sampaikan  Direktur Politani Samarinda Hamka saat memberikan sambutan pada acara seremonial penyerahan dana penelitian PKM 5 Bidang di Gedung Direktorat Politani Samarinda Kamis (23/5) “Ini sangat membanggakan Politani Samarinda. Harus dilestarikan” ujarnya.

Hamka juga kagum dengan kegigihan para mahasiswa Politani Samarinda dan dosen pembimbing dalam mengikuti PKM 5 Bidang tahun 2019 ini. Sebab ia tahu bahwa waktu yang tersedia untuk menyiapkan proposal penelitian oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) Republik Indonesia tidak banyak. Sekitar dua pekan saja. Namun di tahun 2019 ini Politani Samarinda berhasil mengirimkan 46 proposal dari Tim Mahasiswa. “Dan 4 diantaranya berhasil menarik juri nasional untuk mendanainya” ucapnya lagi.

Jumlah proposal yang cukup banyak tersebut ujar Hamka merupakan bukti bahwa mahasiswa Politani Samarinda memiliki semangat yang tinggi dalam melakukan penelitian. Tidak kalah dengan semangat perguruan tinggi di Pulau Jawa. “Terima kasih juga untuk pembimbing yang telah rela mengalokasikan waktunya membimbing dan menyemangati para mahasiswanya” ujarnya.

Keberhasilan empat tim ini lanjut Hamka harus menjadi penyemangat bagi tim mahasiswa lainnya untuk berprestasi lagi  di masa yang akan datang. Baik untuk kegiatan PKM atau kegiatan Kemenristekdikti lainnya. (bz)