• Pengelola Politani Samarinda dan Pengelola AKN Bulungan foto bersama dengan Sekda Kaltara Suriansyah (Baju Putih) usai audensi tentang keberlanjutan AKN Bulungan

Bupati Bulungan H Sudjati, SH kembali menegaskan komitmennya mendukung keberlangsungan kegiatan pendidikan tinggi di Akademi Komunitas Negeri (AKN) Bulungan. Hal ini disampaikan Sudjati di hadapan Pengelola Politani Samarinda yang melakukan audensi dengan jajaran Pemerintah Kabupaten Bulungan Kamis (2/5) lalu sehubungan dengan terbitnya surat dari Kemenristekdikti Nomor B/455/C4.2.2/KB.02.00/2019 tentang Pembiayaan PDD Rintisan Perguruan Tinggi Negeri . “Harus lanjut, Kita sudah rintis susah-susah” tegasnya.

Pemkab Bulungan terang Sudjati sangat mendukung pengembangan pendidikan di Kabupaten Bulungan, termasuk pendidikan tinggi. Oleh sebab itu sudah seharusnya Pemerintah Kabupaten Bulungan mendukung keberadaan rintisan perguruan tinggi ini. “Unikal saja kita bantu, AK Bulungan ini ya pasti kita bantu” ucapnya lagi.

Untuk merealisasikan komitmen ini, dalam audensi tersebut dihasilkan beberapa langkah dukungan diantaranya adalah pembuatan tim untuk persiapan AKN Bulungan menjadi Politeknik Negeri Bulungan dan rapat bersama Forum CSR Bulungan untuk mendukung operasional perguruan tinggi vokasi di Tanjung Palas ini.

Perwakilan PT PKN Yusuf dalam kesempatan yang sama  menyatakan sangat mendukung langkah yang diambil Pemkab Bulungan terhadap keberlanjutan perguruan tinggi yang telah menghasilkan dua lulusan ini. Dukungan swasta, khususnya PT PKN ujar Yusuf akan tetap sama tinggi terhadap dunia pendidikan. “Kami telah bersama dengan AKN sejak awal maka Kami akan terus bersama. Saat ini PKN telah memberikan beasiswa kepada mahasiswa AKN” ungkap Yusuf.

Direktur Politani Samarinda Hamka juga menyatakan komitmen keberlanjutan dari AKN Bulungan. Pihaknya akan terus berupaya agar AKN Bulungan yang saat ini berstatus perguruan tinggi rintisan akan dijadikan sebagai Politeknik Negeri yang mandiri. Audensi yang dilakukan pihaknya ini merupakan bukti atas komitmen tersebut. Sebab beberapa waktu lalu Politani Samarinda mendapatkan surat dari Kemenritekdikti yang isinya menyatakan  bahwa pembiayaan terhadap pendidikan di luar domisili (PDD) seperti yang dilaksanakan di AKN Bulungan akan dihentikan pendanaannya di tahun 2021. Untuk keberlanjutan program ini, Kemenristekdikti meminta kepada perguruan tinggi Pembina untuk berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten/kota terkait mengenai pembiayaan operasional. “Sebagai perguruan tinggi Pembina, Kita tidak akan biarkan AKN Bulungan berhenti dengan tiba-tiba. Kita akan upayakan ini terus lanjut. Audensi ini salah satu cara Kami untuk itu” paparnya. Hamka juga berharap Pemprov Kalimantan Utara bisa ambil bagian terhadap keberlangsungan AKN Bulungan. Sebab tanggungjawab pendidikan tinggi saat ini bukan hanya berada di Pemerintah Kabupaten Bulungan tapi juga ada di Pemprov Kaltara. “Kalau beban ini bisa dibagi-bagi maka akan lebih mudah. Ada Pemkab Bulunga, Pemprov Kaltara, Swasta dan Politani Samarinda sebagai Pembina” ucapnya.

Sekretaris Daerah Suriansyah juga menyambut baik terhadap usulan untuk terus melanjutkan keberadaan AKN Bulungan. Suriansyah berjanji akan membahas hal ini dengan timnya agar bisa dimasukan dalam perencanaan anggaran di APBDP Kaltara. “Kebetulan Saya ini baru di sini. Nanti akan Kita bahas di tim ya” ucapnya dihadapan Pengelola Politani Samarinda saat melakukan audensi terpisah.

Bukan hanya pihak pemerintah dan swasta yang diajak Direktur Politani Samarinda untuk memikirkan keberangsungan AKN Bulungan. Alumni Politani Samarinda yang ada di Kalimantan Utara juga mendapat porsi. Dalam sebuah diskusi ringan, alumni Politani Samarinda yang ada di Kalimantan Utara ini sangat mendukung keberadaan AKN Bulungan. “Pasti kita dukung lah Pak” ujar Arif, alumni Politani Samarinda angkatan tahun 1997 ini kepada Pengelola Politani Samarinda.

Sekadar diketahui, AKN Bulungan berdiri tahun 2015. AKB Bulungan adalah hasil koloborasi antara Kemenristekdikti dan Pemkab Bulungan serta Swasta dalam mengelola perguruan tinggi. Khususnya di bidang pertanian. Politani Samarinda adalah perguruan tinggi yang ditunjuk Kemenristekdikti menjadi Pembina AKN Bulungan. (bz)