Politeknik Pertanian Negeri Samarinda telah  menyelenggarakan Sosialisasi Peningkatan Mutu Pelaksanaan Seleksi Penelusuran Minat dan Kemampuan Politeknik Nasional (PMDK-PN) dan PMDN Tahun 2019 pada Selasa (12/2/2019) di Ruang Rapat Lantai 3 Kampus Politani, Samarinda. Penelusuran Minat dan Kemampuan Politeknik Negeri atau PMDK PN  adalah seleksi jalur undangan yang diperuntukkan bagi calon peserta/siswa sekolah yang akan melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi bidang vokasi atau politeknik negeri di seluruh wilayah Indonesia.

Pola seleksi ini tertuang dalam suatu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak melalui seleksi prestasi akademik siswa selama mengikuti pendidikan di Sekolah Lanjutan Tingkat Atas. Sekilas PMDK PN mirip dengan SNMPTN  bagi Universitas/Institut Negeri namun khusus untuk Politeknik Negeri.

Acara tersebut dilakukan dalam rangka kembali mensosialisasikan penerimaan mahasiswa baru dilingkungan Politeknik Pertanian Negeri Samarinda tahun 2019 dengan melalui 4 jalur termasuk melalui program  PMDK-PN, serta sosialisasi perbedaan sistem informasi pendaftaran tahun ini. Pertemuan dihadiri kurang lebih 30 SMA yang diwakili oleh bapak/ibu BK dilingkungan sekolah masing-masing.

Pada sosialisasi program PMDK-PN ini diperuntukkan bagi alumni SMA/SMK yang akan melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi khususya dibidang vokasi (politeknik negeri) di seluruh Indonesia. Kemudahan akan dirasakan para peserta pendaftar, pasalnya dengan sistem ini peserta bisa memilih beberapa politeknik-politeknik yang tersebar di seluruh indonesia dalam sekali mendaftar.  Tidak hanya itu saja, peserta juga tidak akan di bebankan biaya dalam pendaftaran. PMDK-PN ini tidak hanya memberikan kesempatan bagi peserta yang berprestasi, namun juga peserta yang berasal dari keluarga ekonomi lemah dan memiliki prestasi, dapat bergabung dalam program beasiswa Bidik misi. (AL)